Galeri Foto Jurnalistik Antara

IMG_9398

Di Pasar Baru, kita bisa melihat sisi lain Jakarta dari sebuah galeri foto. Isinya foto-foto langka periode awal kelahiran Indonesia. Tempat ini cocok untuk anda yang menyuka fotografi.

Naskah Proklamasi yang dikumandangkan 17 Agustus 1945 tak hanya dikumandangkan di Indonesia. Di gedung berita ANTARA yang terletak di Pasar Baru, Jakarta, naskah tersebut disiarkan ke seluruh dunia pada saat yang sama.

Gedung berita ANTARA menempati sebuah bangunan kolonial yang dibangun abad ke-20. Kini, gedung yang terletak di Jalan Antara No 59, Pasar Baru, Jakarta 10170 itu menjadi Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA).

Inilah museum fotografi pertama di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Lewat kumpulan foto yang mayoritas berasal dari tahun 1945-1950, kita bisa mendalami proses kelahiran NKRI. Foto-foto ini hanya milik kantor berita ANTARA, tapi juga bekerjasama dengan institusi luar negeri seperti Nederlands Insituut Voor Oorlogsdocumentatien di Amsterdam.

Jika kita berkunjung ke sana suasana gedung kolonial masih sangat terasa di GFJA. Foto-foto hitam putih yang menceritakan sejarah kemerdekaan Indonesia berderet di dinding.

IMG_9379

Beberapa foto juga menjelaskan kondisi Jakarta pada era 1940-an. Sebuah foto menggambarkan patroli pasukan Inggris di jalan-jalan ibukota. Mereka mengendarai tank, di sebelahnya tampak warga pribumi melambaikan tangan dari trem. Adapun foto Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno pada saat masih muda.

Naik ke lantai 2, ada beberapa instalasi interaktif yang bisa dicoba. Di lantai, terbentang peta Jakarta di masa lampau dengan balok-balok bertuliskan tempat bersejarah. Ada juga koleksi jam, mesin ketik kuno, dan beberapa naskah jurnalistik.

Salah satu ruangan menyimpan sejarah jurnalisme Indonesia, terutama media cetak. Mesin-mesin ketik dari berbagai zaman dipajang di satu sisi. Di sisi lain, beberapa fotokopi surat kabar era 1940-an berderet di dinding. Mulai dari ‘Tjahaja’, ‘Asia Raya’, sampai ‘Sinar Baru’.

GFJA adalah tempat wisatawan mendalami proses foto jurnalistik serta menghargai betapa pentingnya foto-foto itu dilestarikan. Jadi bila berkunjung ke kawasan Pasar Baru, jangan lupa mampir ke galeri ini. GFJA buka mulai Selasa-Minggu pukul 10.00-20.00 WIB, Anda tak perlu membayar tiket masuk karena gratis.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s