Pencak Silat, Olahraga Bela Diri

Screen Shot 2017-12-18 at 11.24.13 PM

Pencak silat adalah olahraga bela diri yang berasal dari Indonesia. Induk organisasi yang ada di Indonesia bernama IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). IPSI didirikan pada tanggal 18 Mei 1948. IPSI tercatatat sebagai Organisasi silat tertua di Dunia, teknik dasar yang harus dikuasai untuk dapat melakukan pencak silat adalah sikap dasar, gerak dasar, teknik dasar serangan, teknik dasar pembelaan.

Pencak silat diperkirakan menyebar di Kepulauan Indonesia sejak Abad ke & masehi. Namun, asal usulnya belum diketahui secara pasti. Kerajaan-kerajaan besar seperti sriwijaya dan Majapahit disebutkan memiliki pendekar-pendekar besar yang menguasai Ilmu bela diri. Donald F. Draegar, seorang peneliti silat berpendapat bahwa bukti adanya beladiri ini melalui senjata dan seni beladiri silat bisa dilihat dari berbagai artefak senjata di candi Borobudur dan candi prambanan. Ia juga berpendapat bahwa pencak silat dipengaruhi oleh beladiri dari Cina dan Idia. Karena sejak awal kebudayaan Melayu telah mendapat pengaruh dari kebudayaan yang dibawa oleh pedagang maupun perantau dari india, Cina dan yang lainnya

Olahraga pencak silat dapat dikatakan sebagai seni sebab dalam olahraga ini terdapat unsur-unsur bela diri, budi pekerti, pembentukan sikap. Adanya kepribadian yang kuat dan semangat kebangsaan berguna untuk membentuk manusia pembangunan. Pencak silat ditinjau dari sudut seni harus mempunyai keselarasan dan keseimbangan antara wirama, wirasa dan wiraga atau keserasian irama, penyajian teknik dan penghayatan.

Screen Shot 2017-12-18 at 11.23.22 PM

Pencak silat saat ini telah diakui sebagai budaya Suku Melayu dalam pengertian yang luas, yaitu para penduduk daerah pesisir pulau Sumatera dan Semenanjung Malaka, serta berbagai kelompok etnik lainnya yang menggunakan lingua franca bahasa Melayu di berbagai daerah di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan pulau-pulau lainnya yang juga mengembangkan bela diri ini

Pencak silat memiliki manfaat yang sangat banyak untu tubuh diantara nyaadalah melatih konsentrasi dan daya tahan tubuh agar tubuh selalu terasa bugar dan sehat karena diajak untu bergerak, manfaat selanjutnya adalah untuk melancarkan sirkulasi darah dan yang terakhir dapat melatih mental dan tingkatan rasa percaya dirt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s