Cheerleading adalah Olahraga Unik

muaaxHai, apa kabar teman – teman ?

Baik – baik ajakan? Semoga kalian ngikutin unggahan aku sebelumnya yang membahas tentang Yoga Untuk Kesehatan ya, karena di unggahan tersebut kalian bisa dapetin tips – tips yang oke banget untuk kalian berolahraga di rumah. Di unggahan kali ini aku akan membahas keunikan salah satu olahraga yang ada di Tanah Air kita nih teman – teman. Penasaran tidak?

Olahraga unik yang akan aku bahas adalah Cheerleading. Kalian udah pernah denger belum sih olahraga Cheerleading ini? Untuk anak muda pasti udah tau dan cukup familiar dengan Cheerleading ini. Cheerleading yang ada di benak kalian saat ini pasti adalah segerombolan cewe – cewe cantik dengan pakaian minim untuk sorak – sorai mendukung tim basket ataupun football dari tim sekolah mereka.  Tidak salah sih kalo yang kalian pikirkan adalah itu semua namun di balik kesan girly dari pada Cheerleader – Cheerleader (para pelaku Cheerleading)  mereka berlatih cukup keras loh untuk tampil di atas matras yang biasanya di tonton oleh kaum adam ini.

fcs

Biasanya latihan fisik untuk olahraga Cheerleading ini cukup keras loh teman – teman mereka biasanya melakukan lari lapangan sekitar 15 menit, plank 10 menit, jumping jack 100 kali lompatan, push up, sit up masing masing 100 kali dan lain – lainnya yang sangat berat sekali belum lagi di tambah pemanasan routine mereka.

Pada olahraga Cheerleading ini biasanya pada routine mereka terdapat beberapa Stunt. Apa itu stunt? Stunt itu sendiri adalah satu formasi yang terdiri dari dua side base (kanan dan kiri), back base, front base dan flyer. Apa sih kerja dari masing – masing base dan flyer itu sendiri? Side base bekerja menjadi pondasi kanan dan kiri, sedangkan back base adalah pondasi yang ada di belakang dan front base pondasi yang ada di depan. Pasti kalian sampai sini bingung, pondasi untuk apa ya? Para base ini menjadi base untuk mengangkat flyer teman – teman tugas flyer ini sebagai pemain yang di angkat. Walaupun banyak yang bilang bintang dari olahraga ini adalah sang flyer namun tetap saja tidak akan ketinggalan jasa dari pada base – base yang mengangkat si flyer ini teman – teman. Intinya bases dan flyer ini adalah satu kesatuan dari 1 stunt.

muachh

Kalau di atas sudah memperkenalkan dan membahas bagaimana cara kerja dari satu stunt tersebut. Sekarang, apa sih yang menjadi keunikan dari olahraga Cheerleading ini? Olahraga Cheerleading ini menggabungkan banyak elemen – elemen olahraga lain yang menjadi sebuah routine. Elemen – elemen dari olahraga Cheerleading tersebut adalah motion, dance, stunting, pyramid, basket toss, senam. Selain dari penggabungan tersebut cheerleading dapat dinilai sebagai salah satu olahraga yang ekstrim karena pada olahraga Cheerleading di Indonesia memiliki level, ada level 5 dan ada level 6 dimana level 6 menjadi yang tersulit dan terekstrim karena pada level 6 ini terdapat flyer yang mengangkat flyer lainnya hingga menjadi 3 layer stunt.

Karena ke ekstrimannya olahraga Cheerleading ini kita tidak boleh sembarangan untuk melakukan kegiatan olahraga ini loh, semua kegiatan olahraga Cheerleading ini harus selalu di awasi oleh orang – orang yang memang sudah professional di bidang olahraga Cheerleading ini teman – teman. Untuk teman – teman yang tertarik untuk mengikuti olahraga Cheerleading ini kalian bisa daftar di salah satu management Cheerleading Indonesia yakni the A Team yang sudah cukup lama membina Cheerleading di Indonesia.

Gimana nih teman – teman semoga bermanfaat ya infonya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s