Kreatifitas Supporter Di Luar Lapangan

IMG_5295
hasil jadi mural

Supporter adalah salah satu elemen yang penting dalam sepakbola, mungkin tanpa kehadiran para supporter membuat sepakbola tidak bergairah bagaikan sayuran tanpa garam. Kehadiran para supporter dalam pertandingan sangat ditunggu oleh para pemain yang akan bertanding karena kehadiran supporter dalam suatu pertandingan mampu mengangkat semangat para pemain saat bertanding, kehadiran supporter di tribun juga mampu mengangkat moral pemain yang turun akibat tertinggal gol dari lawannya. kehadiran supporter di tribun juga sangat menarik sehingga bukan hanya bersorak memberikan yel-yel saat pertandingan namun juga mampu menampilkan kreatifitas yang sangat menarik di tribun. Namun , bukan hanya di tribun saja kreatifitas memberikan dukungan, banyak kreatifitas yang menunjukan dukungan kepada tim kesayangannya tersebut contohnya seperti mural yang dilakukan anak-anak muda pecinta Persija di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

IMG_5242
proses pembuatan mural

Untuk menyambut hari jadi tim kesayangan mereka yaitu Persija Jakarta yang ke 89 tahun anak-anak yang tergabung dalam suatu komunitas pecinta Persija membuat mural dengan tema “89thPersija”. Sebeleum lebih jauh saya akan menjelaskan apa itu mural. Mural adalah sebuah cara atau pengecatan yang mengandung karya seni yang biasa di aplikasikan pada media dinding dan plafon atau pada permukaan yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan seni lukis, Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

IMG_5252
proses pembuatan mural

Bermodalkan uang iuran atau hasil patungan mereka semua membeli peralatan yang akan digunakan untuk membuat mural. Kegitan membuat mural tersebut memang intens dilakukan oleh anak-anak muda pecinta Persija tersebut setiaop tahunnya untuk menyambut hari jadi tim kesayangan mereka tersebut tujuan mereka semua membuat mural di daerah tersebut lebih untuk mengenalkan tim kesayangan mereka yaitu Persija Jakarta kepada masyarakat sekitar agar lebih mengenal Persija terlebih mereka peduli terhadap tim kebanggaan masyarakat Ibukota tersebut, walaupun banyak terjadi pro kontra terhadap mural tersebut anak-anak muda ini tetap melanjutkan mural tersebut selama mural yang dibuat berisi konten yang positive dan tidak memancing terjadinya kericuhan dikarenakan di daerah tersebut bukan hanya terdiri dari para pendukung Persija melainkan ada juga masyarakat yang menjadi  supporter salah satu rival tim Persija Jakarta.

video:

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s