Membuat Batik Cap

Ini adalah proses atau cara membuat batik cap 2 warna. Untuk membuat batik cap proses membuatnya tidak terlalu lama seperti batik tulis. Biasanya batik cap 1 sampai 2 minggu pun sudah jadi, untuk batik tulis dapat memerlukan waktu selama 3 sampai 4 minggu.

1.Langkah pertama adalah siapkan sebuah kain berwarna putih untuk nantinya diberi motif menggunakan alat cap batik yang sudah disiapkan. Kemudian mulai mencap kain putih sesuai motif yang diinginkan.

2.Jika sudah selesai membuat motif cap pada kain putih, kemudian masuk ke proses pewarnaan kain tadi dengan diberi naptol. Naptol adalah sebagai warna dasar pada kain. Warna kain putih kemudian diberi Naptol ASGR dan akan berubah warna menjadi hijau.

mencap.JPG
Proses memberi motif dengan cap

3.Setelah itu kain tersebut dijemur hingga kering. Setelah kering dan diangkat dari jemuran,  Dilakukan proses menembok. Menembok adalah proses dimana menutup tempat atau area motif yang diinginkan. Proses menembok menggunakan malam atau lilin dan dilukis menggunakan canting, proses ini bertujuan agar bagian yang ditembok atau ditutup tersebut tidak akan tercampur oleh warna berikutnya. Artinya masih mempertahankan warna sebelumnya. (karena batik cap 2 warna).

4.Setelah selesai proses menembok, dilakukan proses pewarnaan yang kedua. Pewarnaan ini menggunakan garam warna atau garam diazo ini berfungsi untuk membangkitkan. Lalu berubah menjadi biru.

mewarna.JPG
Proses pewarnaan 

5.Setelah pewarnaan yang kedua, kain dijemur kembali.

6.Setelah kering kemudian dilakukan proses ngelorot, ngelorot adalah proses dimana kain batik direndam didalam air mendidih. Maksud dari ngelorot adalah untuk menghilangkan malam atau lilin yang ada pada kain batik tersebut. Saat melakukan ngelorot, kain batik diangkat lalu dicelupkan. Hal itu dilakukan secara berulang agar malam atau lilin benar-benar hilang. Dibutuhkan soda ash untuk ngelorot kain batik, soda ash tidak membuat warna pada kain luntur.

nglorot.JPG
Proses ngelorot untuk menghilangkan malam atau lilin

7.Setelah selesai ngelorot kemudian kain batik dicuci hingga bersih.

8.Kemudian kain dijemur kembali. Setelah kering kain batik lalu disetrika dan siap untuk dikemas.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s