Perawatan Burung Anis

IMG20171209113420

Saya akan memberikan tips perawatan burung anis ala dion. Burung anis kembang merupakan salah satu burung yang banyak di minati para kicau mania, karena warna nya yang unik dan ketika berkicaw burung tersebut teler sambil mengeluarkan suara kicawannya. Anis kembang cenderung tampil elegan dengan warna yang dominan hitam pekat yang menyelimuti bagian dada, punggung dan sayapnya. Ada sentuhan warna putih yang membentuk bercak pada bagian perut burung anis kembang.

Screenshot_2017-12-19-21-45-59-24

Tahap pertama dalam perawatan harian burung anis kembang ini yaitu, membersihkan kandang agar burung tetap betah di dalam sangkar dan selalu terhidar dari penyakit.

Screenshot_2017-12-19-21-46-11-79

Tahap ke dua, mengganti pakan dan minum burung tersebut agar pakan dan minum tetap bersih tidak tercampur kotoran burung itu. Pakan tambahan untuk burung anis yaitu jangkrik, berikan jangkrik seminggu 3 kali. Jangkrik  menambah vitamin bagi burung anis.

Screenshot_2017-12-19-21-46-40-65

Tahap ke tiga memandikan burung anis, tidak hanya burung anis saja yang memerlukan mandi, semua burung kicaw perlu mandi. Manfaat dari memandikan burung, untuk menghilangkan kutu/tungau yang menyelinap pada bulu – bulu dan permukaan kulitnya, juga mencegah bulu burung agar tidak cepat rusak dan kering.

Screenshot_2017-12-19-21-46-59-22

Tahap ke empat, penjemuran burung saat pagi hari. Penjemuran untuk burung anis memerlukan perhatian, karena jika terlalu lama menjemur burung anis, mata burung tersebut akan terkena katarak. Jadi tidak perlu waktu yang lama untuk menjemur burung anis, cukup 30 menit saja.  Semua burung pun perlu yang namanya penjemuran karena manfaat penjemuran pada matahari  pagi sangat banyak yaitu membunuh virus penyebab penyakit, matahari pagi juga mampu merangsang agar burung rajin berkicau.

Tambahan untuk perawatan lomba burung anis, untuk tahap lomba kembali lagi kepada kebiasaan burung dan karakter dari burung itu. Dalam perawatan lomba dion hanya menambahkan extrafood/jangkrik dalam seminggu kita memberikan 4 kali, memberikan  3ekor jangkrik pada pagi dan sore hari. Hanya itu yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat untuk para kicaw mania di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s