TOTOON #EPISODE 5 (BADAK JAWA)

Halo teman-teman kembali lagi nih di TOTOON… yang akan memberikan sebuah konten animasi yang berupa fakta unik dari fauna endemik Indonesia nih…

Pada TOTOON episode 5 ini, TOTOON bakalan memberikan fakta unik dari fauna endemik yang ada di daerah Ujung Kulon lho…apa ada yang tau apa itu???

Ya benar sekali…Badak Jawa atau bisa disebut juga badak bercula 1. Fakta unik dari Badak Jawa ini adalah Panjang tubuh badak yang kira-kira sepanjang 3 meter, tingginya kira-kira 1,5 meter. Kakinya jadi tampak pendek dibandingkan dengan tubuhnya yang panjang. Karena bentuk tubuhnya yang unik, badak hanya dapat bergerak maju dan mundur. Bentuk tubuhnya ini ternyata berguna juga untuk menambah kekuatan saat ia berlari menyerang dengan culanya. Badak Jawa tidak punya musuh, lho… Artinya tidak ada hewan yang memangsa badak.

Meskipun berkaki pendek dan bertubuh berat, badak dapat berlari kencang sekitar 50 km/jam. Wahhh…cepat juga ya! Kira-kira seperti motor yang melaju agak kencang. Kecepatan kerbau berlari saja hanya sekitar 30 km/jam. Padahal berat badan kerbau hanya sekitar 300 kg. Jauh lebih ringan, kan, dibandingkan badak yang berat badannya 900 – 2300 kg.

Akan tetapi, populasinya semakin berkurang akibat perburuan, penyakit, kehilangan hutan tempat tinggal, dan masalah lainnya. Badak Jawa termasuk mamalia yang terancam punah. Di Taman Nasional Ujung Kulon di pulau Jawa, hanya terdapat sekitar 40-50 ekor badak.

badak jawa

Jadi sekian dulu ya fakta menarik dari TOTOON pada episode 1 ini… nantikan fakta dari TOTOON selanjutnya ya…dan jangan lupa saksikan di chanel youtube kita ya… bye bye…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s