Gaya Bermain Para Gitaris Thrash Metal

Untitled-1

Setiap individu mempunyai karakternya masing-masing. Karakter tersebut tentunya tidak hadir begitu saja. Karakter dibentuk dari berbagai aspek kehidupan. Begitu pula dalam hal-nya memainkan alat musik gitar. Dalam memainkan alat musik gitar, setiap individu biasanya mempunyai ciri khas yang menjadi pembeda dalam setiap petikannya. Walaupun karakter petikan gitar tersebut terpengaruhi dari para gitaris lainnya, tidak menutup kemungkinan akan menciptakan sesuatu yang baru.

Dikesempatan kali ini, saya akan sedikit memberikan pengaruh atau influence untuk para gitaris yang bermain style Thrash Metal. Seperti apa pengaruh atau influence yang akan saya sharing disini? Tentunya influence atau pengaruh tersebut datang dari para gitaris-gitaris yang melegenda di dunia Thrash Metal.

  • Dave Mustaine (Megadeth)

Dave Mustaine memiliki karakter memainkan gitar sangat unik, bahkan juga bisa dibilang orang yang paling banyak mempengaruhi gitaris Metal lainnya. Dalam setiap penulisan sebuah lagu, Dave Mustaine, selalu menyisipkan Riff-Riff gitar yang mellow, tetapi tetap sangar setelah disisipkan ke beberapa lagunya. Dave Mustaine juga memiliki ciri khas dalam memainkan Riff-Riff nya. Mustaine menemukan teknik praktis untuk berpindah chord dengan cepat menjadi lebih mudah. Teknik tersebut dinamakan, Spider Chord. Spider Chord dimainkan dengan cara saat jari telunjuk dan jari manis menekan chord, jari tengah dan jari kelingking bersiap untuk pindah ke lain tablature.

  • Mille Petrozza (Kreator)

Mille terkenal dengan Riff-Riff nya yang garang, mewakili lirik-lirik lagu Kreator yang membahas tentang kekerasan dan perang. Mille sendiri bukanlah orang baru dalam dunia Thrash Metal. Bersama dengan band-nya, Kreator, Mille memulai karirnya sejak tahun 1982, tahun dimana Thrash Metal lahir dan jaya pada masanya. Riff-Riff gitar dari Mille Petrozza sangat berpengaruh bagi ciri khas Style Thrash Metal di Jerman sampai saat ini.

  • James Hetfield (Metallica)

Siapa yang tidak tahu orang ini dalam dunia Thrash Metal atau Metal lainnya. James Hetfield mulai dikenal pada tahun 1983, saat mengeluarkan album pertamanya yang bertajuk, Kill ‘em All, bersama dengan band-nya, Metallica. Pada saat itu, Kill ‘em All, seakan menjadi kiblat musik Thrash Metal karena hits-hits nya seperti, Seek and Destroy, Hit The Lights, dan Metal Militia, menjadikan James Hetfield seseorang yang paling berpengaruh dalam bermain gitar Style Thrash Metal. Dalam memainkan gitarnya, James Hetfield, mempunyai ciri khas Riff yang berat dan dia bisa menciptakan banyak sekali Riff di dalam satu lagu.

  • Kerry King (Slayer)

Menyusul Metallica pada tahun 1986, lewat album ketiganya yaitu, Reign In Blood, yang mengeluarkan hits-hits seperti, Angel Of Death, Postmortem dan Raining Blood, Kerry King bersama band-nya, Slayer, sukses menjadi salah satu kiblat musik Thrash Metal pada saat itu. Dengan permainan yang cepat, serta suara Riff yang mencabik, mejadikan Kerry King sebagai salah satu gitaris yang paling berpengaruh dalam dunia Thrash Metal sampai saat ini.

Sebenarnya masih banyak gitaris-gitar Thrash Metal lainnya yang iconic, seperti Kirk Hammett (Metallica), Alex Skolnick (Testament), Gary Holt (Exodus) dan masih banyak lagi yang lainnya, yang bisa anda jadikan sebagai influence anda dalam bermain musik style Thrash Metal.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s