CARA MEMAKAI BAJU DAMKAR

Baju Pemadam kebakaran merupakan salah satu alat kelengkapan yang penting bagi para pemadam kebakaran, karena ketika terjadi kebakaran dan ada yang terjebak dalam ruangan yang terbakar maka harus ada seseorang yang menyelamatkan para korban, dan jika tidak memakai baju tahan api maka dapat membahayakan pemadam tersebut. Para Pemadam Kebakaran dilengkapi dengan pakaian anti-panas atau anti-api dan juga helm serta boot/sepatu khusus dalam melaksanakan tugas, dan biasanya pakaianya dilengkapi dengan scotlight reflektor berwarna putih mengkilat agar dapat terlihat pada saat pelaksanaan tugas.

baju damkar 2

Baju Pemadam Kebakaran Tahan Panas terbuat dari bahan katun atau bahan katun kain tahan panas dengan tujuan agar para pekerja di bidang kontraktor, perminyakan, tambang batubara, konstruksi, pharmasi, laboratorium, dll aman terhadap keselamatan jiwa dan raga dari resiko kerja yang tinggi di bidang tersebut.

Sedangkan Baju Pemadam Kebakaran Tahan Api adalah Baju Pemadam Kebakaran lengkap dengan Celana yang terbuat dari bahan tahan api Aluminium Foil tebal yang digunakan dalam Pemadaman Kebakaran yang dilengkapi dengan Penutup Kepala berlapis Kaca Bening, Sepatu Pemadam, Senter, Tabung Oksigen dan Sarung tangan.

terdapat 3 macam bahan baju pemadam kebakaran yang umumnya digunakan, yaitu

Serat Asbes

Karena sifatnya yang tahan api, maka serat asbes dapat menjadi bahan baju pemadam kebakanran. Selain menjadi bahan baju pemadam, serat asbes yang dipintal dapat juga digunakan untuk sarung tangan, pelapis dinding, pelapis rem, bahan tekstil asebes dan alat pemadam api

Aramid

Serat aramid adalah kelas dari serat sintetik tahan panas dan kuat. Karena itu serat aramid digunakan sebagai bahan baju pemadam kebakaran menggantikan bahan serat asbes, karena bahan serat asbes dapat membahayakan Menghirup asbes dapat menyebabkan penebalan pleura (selaput yang melapisi paru-paru) karena tergores oleh serat asbes dan memicu penyakit kanker bagi para pekerja yang terus menerus menggunakannya. selain menjadi bahan baju pemadam kebakaran. Bahan aramid banyak di gunakan sebagai bahan baju pembalap mobil dan motor. Aramid termasuk jenis nylon seperti Nomex, Kevlar dan Tawron adalah bahan yang sangat tahan api, terbakar pada suhu 53 oC.

Nomex

Nomex merupakan bahan fiber yang tahan api dan dalam bahan nomex jika dalam temperatur tinggi tidak dapat meleleh, menetes atau menyebabkan pembakaran di udara. Nomex sendiri adalah serat yang terdiri dari beberapa kombinasi serat lainnya untuk menyempurnakan bahan-bahan baju perlindungan sebelumnya. Serat berbahan Nomex digunakan umunya di gunakan sebagai pakaian pelindung.

nomex menjadi bahan dasar yang umumnya digunakan diakrenakan selain berasal dari kain kwatun super dari Amerika Serikat, Bahan dasar pembuatan pakaian pemadam kebakaran tahan panas Nomex IIIA Fireman Suit (Fireman Outfit) tidak sama dengan bahan baju kaos pemadam kebakaran ataupun bahan pakaian dinas lapangan lainnya seperti bahan baju pelindung, bahan pakaian pelindung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.