KOMPOSISI MODIFIKASI

407747_316020991773621_982643485_n.jpg

Halo bro and sis sekalian, ketemu lagi ni sama gw. Dalam part satu kita udah ngebahas yang namanya modifikasi. Nah untuk part kedua ini gw bakal ngebahas yang namanya komposisi yang pas untuk modifikasi.

Pengertian komposisi dalam seni rupa adalah usaha untuk mengatur/menyusun unsur-unsur sehingga menjadi harmonis (serasi, selaras dan seimbang). Kalau dalam otomotif, pengertian komposisi adalah perubahan atau penambahan aksesoris atau pun part pada kendaraan bermotor dengan menyesuaikan dari aspek keindahan, kenyamanan, dan juga estetika dalam modifikasi agar kendaraan tersebut dapat terlihat lebih indah dan enak di pandang.

Komposisi yang pas dalam modifikasi ini, bisa masuk ke dalam beberapa bagian. Pertama estetika modifikasi di bagian sector kaki-kaki / velg dan ban, kedua estetika modifikasi di bagian sector body, dan terakhir estetika modifikasi di bagian sector aksesoris yang di gunakan. Untuk part kedua ini gw akan Cuma membahas di sector kaki-kaki.

Di dalam standar pabrikan sebuah sepeda motor, sector kaki-kaki/velg sudah diatur dalam komposisi yang pas sesuai dengan bentuk sepeda motor tersebut. Jika dirubah menjadi lebih besar atau pun lebih kecil akan berdampak pada keefektifan kendaraan tersebut pada saat digunakan.

Misalnya saja sebuah motor keluaran honda yaitu scoopy yang sudah dibekali kaki-kaki standar dengan ukuran velg ring 14 inch depan dan belakang dengan lebar 1,60 inch untuk depan dan 1,85 inch untuk belakang menggunakan ban ukuran 80/90 untuk depan dan juga 90/90 untuk belakang dirubah menjadi velg ring 17 inch depan dan belakang dengan lebar 1.40 inch depan dan belakang menggunakan ban ukuran 60/90 depan dan juga 70/90 belakang maka efek yang pertama kali dirasakan adalah memang bobot motor menjadi lebih ringan karean ban yang lebih kecil dan bentuk velg yang lebih kurus disbanding standaran, tetapi bukan hanya menjadi ringan melainkan juga menjadi makin bahaya, tingkat daya beban terhadap ban menjadi kurang dan mengakibatkan motor gampang tergelincir dan velg gampang hancur jika terkena lubang di jalan raya.

matic cacin
Matic Velg 17

Begitu pula juga jika kita melebarkan kaki-kaki standar menjadi lebih lebar, misalnya saja sebuah motor keluaran honda yaitu honda tiger revo yang sudah dibekali kaki-kaki standar dengan ukuran velg ring 18 dengan lebar 1,85 inch depan dan 2,15 inch belakang  menggunakan ban 90/90 depan dan juga 100/90 belakang dirubah menjadi velg ring 17 inch depan dan belakang dengan lebar 3 inch depan dan juga 5 inch belakang dengan menggunakan ban ukuran depan 120/70 untuk depan dan juga 180/70 untuk belakang, maka perubahan yang paling pertama kali dirasakan adalah terlihat lebih kekar dari standarnya karena menggunakan ban yang besar, tetapi efek negative yang akan dirasakan pada saat mengendarainya adalah motor jadi terasa berat dan ngos-ngosan pada saat membawa penumpang.

IMG_0154.JPG
Velg Standar VS Velg Lebar

Kesimpulan dari semua ini adalah kembali kepada selera dan dompet masing-masing, karena tidak bisa dipungkiri bahwa modifikasi adalah hobby yang susah untuk dihindarkan dan juga saran dari kami adalah bijaklah dalam memodifikasi agar tidak merugikan orang lain, sekian artikel ini saya tulis, salam satu aspal untuk seluruh bikers Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s