MEMASANG SELANG DAMKAR

selang pict.jpg

Selang pemadam api adalah bagian yang sangat penting dalam alat pemadam kebakaran. Selang ini akan mengalirkan air dari fire hydrant ataupun air yang berasal dari mobil pemadam kebakaran. Pada umumnya selang pemadam api ini memiliki ukuran 30 meter. Ukuran yang sangat panjang agar bisa menjangkau api yang ada di berbagai tempat. Sedangkan untuk ukurannya ada 2 macam, yaitu ukuran 1.5 dan ukuran 2.5. ukuran 1.5 ini sangat pas digunakan untuk pemadam kebakaran yang ada di dalam ruangan sementara untuk ukuran yang lebih besar, yaitu 2.5 pas untuk pemadam kebakaran yang digunakan di luar ruangan, termasuk juga untuk pemadam kebakaran dari mobil pemadam kebakaran.

Beberapa jenis dari selang pemadam kebakaran yang ada yakni:

  1. Selang Pemadam Api kanvas.

satu jenis selang pemadam kebakaran yang ada sekarang ini. selang tersebut ini adalah jenis selang yang dibuat dari bahan kanvas berkualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak dan tidak mudah bocor. Sementara untuk daya tahannya, selang ini bisa bertahan pada air yang memiliki tekanan 13bar. Untuk itulah selang ini sangat cocok jika digunakan untuk hidrant pillar yang biasanya memiliki tekanan dibawah 10 bar. Sedangkan untuk ukurannya, selang ini banyak dipilih karena dari segi harga lebih murah. bahan utama dari selang ini adalah polyester staple dan polyester Filaments sehingga bisa tahan lama.

  1. Selang Pemadam Api Red Rubber

Keunikan dari selang ini adalah warna dan bahannya. Seperti namanya, selang red rubber berwarna merah menyala. Ini berbeda dengan selang kanvas dan polyester yang kebanyakan berwarna putih. Sementara untuk bahannya, selang red rubber ini dibuat dari karet berkualitas tinggi sehingga meskipun karet tapi tetap aman digunakan untuk memadamkan api. Sementara untuk penggunaanya, selang yang satu ini banyak digunakan di lingkungan proyek sebuah perusahaan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s