Macam Aliran Modifikasi

FB_IMG_1521106469126

Halo bro and sis sekalian, ketemu lagi ni sama gw, Antoni. Udah g kerasa ni kita masuk ke part yang ketiga aja. Di part ketiga ini gw akan menjabarkan kepada kalian aliran-aliran modifikasi dari tahun 2000an sampai dengan sekarang. Mungkin tidak semua aliran modifikasi yang dari tahun 2000an sudah tidak ada, tetapi jumlah pemainnya saja yang makin lama makin sedikit.

CEPER

1918882_104700442875293_6791179_n

Modifikasi ceper adalah modifikasi motor yang hanya menyisakan beberapa cm jarak antara mesin dengan jalan/permukaan jalanan. Biasanya penikmat modifikasi ceper ini adalah pengguna motor matic ataupun motor bebek, tetapi terkadang ada saja motor bermesin tegak yang ikut memodifikasi motornya menjadi ceper. Modifikasi ceper biasanya di ikuti dengan warna body motor yang mencolok atau pun yang polos satu / dua warna. Modifikasi ceper juga berfariasi, ada yang hanya memodifikasi jarak mesin dengan tanah saja, ada juga yang menambahkan variasi-variasi seperti klakson truk/bus dan lampu-lampu yang sangat terang.

RETRO

8048_336927403060312_1327264411_n

Modifikasi retro adalah modifikasi motor yang menggunakan tema jadul / dengan konsep modifikasi seperti vespa-vespa di negara asalnya Italia. Biasanya retro menggunakan box yang dari bahan rajutan atau pun kain yang hanya sebagai tempat hiasan saja dan juga menggunakan lampu-lampu yang bernuansa jadul seperti lampu jalu, atau pun lampu yang berwarna kuning lainnya. retro juga mengkombinasikan warna body motornya dengan hanya 2 warna atau pun warna polos dengan striping lurus dari ujung belakang spakbor sampai dengan spakbor depan. Motor yang bernuansa retro juga seringkali menggunakan spion-spion berbentuk bulet dan berwarna crome agar nuansa jadulnya lebih terlihat.

LOWRIDER

28958571_598037000533785_4661920677800964193_n

Modifikasi lowrider adalah modifikasi yang menggunakan tema seperti ceper tetapi menggunakan ban dan velg yang lebar serta memberi jarak lebih jauh dengan kondisi motor standar. Biasanya yang menggunakan modifikasi retro ini adalah pengguna motor matic karena motor matic mesin ada dibelakang. Rata-rata penikmat lowrider jarang menggunakan motornya tersebut untuk dipakai sehari-hari, mereka lebih sering menggunakan motornya untuk ajang kontes ataupun hanya kumpul-kumpul bersama teman-teman karena memang kondisi untuk dipakai harian sangat tidak enak dan tidak dianjurkan. Tetapi tidak sedikit juga pengguna yang memakai motor tersebut untuk harian.

NEON

269879_248025248545038_2941610_n

Modifikasi neon adalah modifikasi yang hanya menggunakan lampu neon tambahan di bawah kolong motor. Biasanya yang menggunakan modifikasi ini adalah motor bebek dan juga motor matic saja, karena untuk lebih aman melindungi posisi neon tersebut. Modifikasi neon pada motor ada yang hanya benar-benar standar, tetapi ada juga yang memodifikasi lebih extreme lagi seperti penambahan audio dan layar lcd pada motor. Tetapi biasanya yang menggunakan audio dan lcd hanya untuk ajang kontes saja, tidak dipergunakan untuk harian karena memang tidak tahan air dan sangat berbahaya.

TOURING

13512018_1146496155392763_4500454131302408029_n

Modifikasi touring adalah modifikasi motor yang menggunakan box sebagai alat untuk menyimpan barang atau hanya sebagai variasi modifikasi saja. Motor yang bergaya touring ada yang menggunakan tiga box atau satu box saja. Posisi-posisi box tersebut sesuai dengan namanya, kalau yang di tengah itu namanya top box, kalau yang disamping kiri kanan itu namanya sidebox. Variasi box juga memerlukan breket besi yang menempel di motor. Breket besi tersebut tidak dijual sepaket dengan pembelian box, melainkan terpisah dan tiap motor tidak sama. Untuk brand besar box di Indonesia ada 3 yaitu givi, shad, dan juga kappa. Ketiga brand ini yang lebih sering digunakan oleh orang Indonesia yang menyukai gaya touring atau hanya untuk media penyimpan barang.

CUSTOM

18209629_1502800679762307_739633214_o

Modifikasi custom adalah modifikasi motor yang benar-benar dirubah total dari bentuk asli menjadi bentuk yang kita ingingkan atau yang sesuai dengan karakter kita. Jadi pengguna custom ini biasanya memiliki gaya dan karakter berbeda-beda makanya biasanya bentuk motornya pun berbeda-beda. Walau ada yang berbentuk sama, tetapi pasti ada satu atau dua hal yang berbeda. Untuk modifikasi custom ini sekarang sedang banyak diminati oleh semua kalangan di Indonesia. Bahkan Presiden Indonesia pun memiliki motor custom. Wabah custom ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun dahulu peminatnya tidak sebanyak sekarang, bahkan sekarang brand-brand kendaraan pun sudah memulai membuat kembali motor-motor bergaya classic karena melihat peminat di Indonesia sedang naik. Seperti brand motor Kawasaki yang menciptakan Kawasaki w175 yang bernuansa classic yang sekarang sudah banyak berkeliaran di jalan raya. Selain membuat pengguna menjadi keliatan keren, motor custom juga bisa menjadi daya Tarik tersendiri bagi si pengguna tersebut dan yang pasti selalu menjadi pusat perhatian jika sedang berkendara.

Begitulah aliran-aliran modifikasi yang gw ketahui, mungkin tidak sepenuhnya bisa gw sebutin karena masih banyak aliran-aliran yang gw belum ketahui. Terima kasih telah membaca artikel gw ini, untuk brand-brand yang disebutkan bukan sponsor, melainkan hanya sebatas pengetahuan gw saja. Salam satu aspal untuk seluruh bikers di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s