Pakan Ikan Cupang

Jentik nyamuk

Jentik nyamuk atau yang biasa disebut dengan larva nyamuk merupakan makanan yang sangat baik bagi ikan cupang. Konon, jentik nyamuk memiliki banyak protein yang bagus untuk pertumbuhan ikan cupang terutama untuk anak-anak cupang yang masih kecil.Jentik nyamuk juga sangat mudah ditemukan di sekitar kita, mulai dari selokan dan sawah. Pokonya di mana ada air yang menggenang, baik itu bersih ataupun kotor, pasti nyamuk akan bertelur di atasnya.

Screenshot_2018-05-15-21-32-49-33[1]

Jika Anda mengambil jentik nyamuk dari alam bebas seperti parit atau selokan, usahakan untuk tidak langsung memberikannya kepada ikan cupang. Pasalnya jentik tersebut biasanya sudah tercampur dengan jentik-jentik dari hewan lainnya.

Cacing Darah/Bloodworm

Meskipun disebut cacing, namun cacing darah atau bloodworm ini sebenarnya adalah larva nyamuk Chironomus sp. Cacing ini biasanya banyak dijual oleh pedagang ikan setelah dibekukan. Selain itu, ada juga yang menjualnya setelah dikeringkan.Cacing darah ini sebenarnya tidak terlalu memiliki banyak protein sehingga tidak cocok untuk dijadikan makanan sehari-hari. Selain itu, cupang juga biasanya kurang tertarik dengan bloodworm ini, terutama yang sudah dikeringkan. Maka dari itu, jadikanlah bloodworm ini hanya sebagai makanan alternatif saja di saat Anda tidak memiliki makanan lainnya.Satu hal lagi yang harus menjadi catatan, jika Anda berencana untuk menyimpan bloodworm beku, maka jangan menyimpannya lebih dari 6 bulan. Pasalnya setelah 6 bulan kualitas bloodworm akan menurun dan bisa menimbulkan penyakit jika dimakan oleh ikan cupang.

Screenshot_2018-05-15-21-34-00-73[1]

Kutu air

Kutu air merupakan makanan favorit bagi para anak ikan cupang atau burayak. Burayak yang berusia 3 hari biasanya mulai memakan kutu air yang bergerak-gerak di air. Namun kutu air ini tidak akan mempercepat pertumbuhan mereka karena kandungan lemaknya hanya sedikit.

Screenshot_2018-05-15-21-33-13-62[1]Meskipun begitu, kutu air dianggap memiliki khasiat untuk memperkuat tulang dan juga mempercantik warna ikan cupang. Maka dari itu, cupang yang sudah dewasa juga sangat menyukai hewan yang satu ini.Kutu air biasanya banyak ditemukan di persawahan. Sayangnya, budidaya kutu air cukup sulit karena hewan ini umurnya pendek dan sangat rentan terhadap perubahan suhu air. Maka dari itu, kutu air biasanya dijual lebih mahal dibandingkan makanan ikan cupang yang lain.

Kuning telur

Kuning telur juga dapat dijadikan alternatif untuk makanan anak cupang ataupun ikan cupang dewasa. Anda hanya tinggal mengukus kuning telur tersebut hingga matang kemudian berikan kepada ikan cupang sedikit demi sedikit. Namun ingat, jangan terlalu sering memberikan kuning telur ini karena bisa mengotori air dan mengganggu kesehatan ikan. Namun pakan yang satu ini kurang di minati oleh pecintah Ikan cupang karena masih belum betul kasihat nya buat si ikan cupang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s