Berenang gaya dada

Berenang gaya dada dapat disebut juga dengan berenang gaya katak. Hal ini dikarenan dari gerakannya yang menyerupai katak.

Berenang gaya katak termasuk teknik yang paling lambat untuk meluncur dibandingkan dengan gaya berenang yang lainnya. Maka dari itu, gaya dada ini sangat cocok untuk dilakukan pada saat ingin berenang santai atau pun bersenang senang.

Gaya dada dilakukan dalam posisi terlungkup dalam air (dada nempel ke air), posisi tubuh stabil, lalu bergerak maju dengan gerakan tangan dan kaki secara simultan. Kedua kaki digerakkan dengan cara menendang-nendang ke luar air dan Kedua tangan lurus ke arah depan. Kedua tangan lalu dibuka ke posisi samping, ini bertujuan supaya badan lebih mudah dan cepat untuk melaju ke arah depan.

Untuk memulai berenang gaya dada anda wajib mengetahui teknik dasar dari berenang gaya dada. Pertama luruskan badan pada saat didalam air serta tangan dan kaki diluruskan. Setelah itu gerakan kaki untuk membuat badan kita melaju, gerakan kaki melebar ke samping sebagaimana gerakan kaki katak saat berenang.
Pada saat kaki mendayung, posisi tangan tetap lurus kearah depan. Dan untuk pergerakan tangannya, kita mengayunkan secara melebar seperti kita membuka tirai. Dan untuk pwngbilan nafas saat berenang gaya dada yaitu dengan cara pasa saat tangan kita mengayun saat itu juga kita naikan kepala kita keatas permukaan air untuk mengbil nafas. Perlu diingat pergerakan tangan dan kaki pada saat mengayun harus dilakukan secara bergantian agar tubuh kita meluncur dengan sempurna.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s