BOARDGAME – MONOPOLI

IMG_0431

Monopoli adalah salah satu permainan yang disenangi oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Permainan ini mengajarkan kita mengenai bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Tidak hanya itu, permainan ini juga dapat memberikan sensasi bermain yang asyik dikarenakan seakan-akan kita benar-benar sedang membeli tanah, hotel, maupun negara. Meskipun permainan ini diminati oleh banyak orang, sedikit orang yang mengetahui fakta-fakta mengenai permainan ini. Berikut ulasannya.

Permainan monopoli ditemukan oleh Charles Darrow pada tahun 1933. Ide pembentukan permainan ini terinspirasi dari seorang perempuan yang bernama Elizabeth Maggie. Inspirasi permainan ini dapat dikatakan juga sebagai hasil jiplakan karena pada tahun 1904, Elizabeth telah merancang permainan ini yang dinamakan The Landlord’s Game. Permainan ini diklaim sebagai akibat kekuasaan sistem monopoli yang berkuasa pada masa itu. Awalnya, Elizabeth merancangnya untuk membuat orang-orang lebih mudah dalam memahami pajak.

Monopoli dimainkan dengan cara setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila dadunya tersebut mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, pemain itu dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Namun, bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.

IMG_0437

Dalam proses terkenalnya permainan ini, juga terdapat campur tangan perusahaan Parker Brothers dimana Charles Darrow mencoba peruntungan dengan menawarkan idenya tersebut kepada perusahaan ini. Akan tetapi perusahaan tersebut sempat tidak menerima permainan itu dikarenakan terdapat 52 konsep permainan yang salah meliputi kompleksitas, lama bermain dan tema yang dirancang oleh Charles Darrow. Seiring berjalannya waktu akhirnya perusahaan Parker Brothers menerima permainan ini dan mulai memproduksinya secara masal pada tanggal 5 November 1935.

Untuk nama-nama tempat yang terdapat pada permainan monopoli adalah tempat yang berlokasi di Kota Atlantik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mencoba mengubahnya sehingga nama-nama tempat tersebut sudah tidak sama lagi bahkan sudah banyak terjadi modifikasi pada permainan tersebut termasuk adanya unsur kebudayaan negara.

Awalnya permainan monopoli ditawarkan ke pasar dengan harga 2 Dolar AS atau sekitar 27.000 rupiah. Untuk harga permainan monopoli yang asli, kini harganya berkisar dari 18 dolar AS hingga 500 dolar AS. Luar biasanya, permainan ini sudah terjual lebih dari 275 juta di seluruh dunia dengan telah diterjemahkan ke dalam 43 bahasa serta sudah terdapat versi onlinenya. . Mengingat bahwa semua orang menginginkan untuk memainkannya, monopoli versi Braille diciptakan pada tahun 1970-an dan yang tak kalah menariknya, permainan monopoli mendapatkan penghargaan sebagai Best Mobile App Award pada tahun 2008. Permainan monopoli sempat terpilih sebagai permainan nomor 1 di Amerika pada tahun 1940 sampai 1960.

Permainan monopoli ini juga menginspirasi seorang pembuat perhiasan yang berasal dari San Fansisco. Beliau mencoba peruntungan dengan membuat permainan monopoli dengan model legenda. Idenya tersebut membuatnya berhasil meraup uang sebesar 2 Juta Dolar AS yakni sekitar 27, 1 milliar rupiah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s