MEWARNAI JUGA MEMILIKI BANYAK MANFAAT UNTUK PERKEMBANGAN ANAK

Pada topik saya yang selanjutnya ,saya akan membahas tentang permainan yang bermanfaat untuk perkembangannya. dan permainannya yaitu Mewarnai. Mewarnai adalah salah satu bentuk permainan dimana si anak diberikan sebuah gambar polos tanpa warna dan si anak diharusnya memberikan warna yang sesusai dengan gambar yang ada.

Mewarnai adalah Proses memberi warna pada suatu media atau gambar. Gambar diartikan sebagai proses memberi warna pada media yang sudah bergambar. Mewarnai gambar merupakan terapi permainan yang kreatif untuk mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan komunikasi pada anak.

Screenshot_2018-05-22-21-33-51-57.png

Mewarnai hal yang sangat menyenangkan terutama bagi anak – anak, mewarnai juga merupakan permainan edukasi yang menarik buat anak. Selain belajar dalam mengenal warna – warna anak juga dapat belajar memadukan antara satu warna dengan warna yang lainnya sesuai gambar atau imajinasi yang di miliki si anak.

Mewarnai juga dipercaya dapat melatih motorik halus pada anak. yang dimana motorik tersebut untuk menunjang aktivitas pada anak. Dan dalam mewarnai pun ada berbagai jenis alat yang digunakan si anak untuk merwarnai. Misas menggunakan Pensil warna, Krayon, cat dengan kuas lukis, dan pernik – pernir warna.

Namun par orang tua lebih disarankan memberikan alat untuk mewarnai kepada anak berupa Crayon atau Pensil Warna selain simple dalam menggunakannya, anak akan lebih terjaga keamanannya. Karena apabila menggunakan cat warna atau pernik – pernik warna ditakutkan cipratan atau serpihan warna nya mengenai bola mata anak atau sebagainya. Jadi lebih disarankan Crayon dan Pensil warna ya para orang tua sekalian.

Screenshot_2018-05-22-21-33-27-56.png

dan Manfaat dari Mewarnai ini sendiri antara lain :

  • Memberikan kesempatan pada anak untuk bebas berekspresi.
  • Dengan ber eksplorasi menggunakan gambar, anak diharapkan dapat membentuk , mengembangkan, dan menambah imajinasi serta keterampilan motorik halus si anak
  • Mewarnai juga permainan yang aman diberikan kepada anak, karena media alat untuk mewarnainya lebih dianjurkan menggunakan Crayon atau Pensil Warna.
  • Sebagai Terapi Kognitif pada anak, yang dimana si anak akan siap menghadapi kecemasan dan stress pada saat proses mewarnai.
  • Dapat memberikan peluang untuk meningkatkan ekspresi emosional anak, termasuk Perlampiasan yang aman untuk anak dari rasa marah dan benci apabila anak sedang dalam suasana perasaan seperti itu.

Sangat reccomend banget kan bagi paara orang tua untuk memberikan permainan yang baik dan bermanfaat kepada anak. Karena pada masa pertumbuhannlah nasib si anak di masa depan kelak akan ditentukan. Apakan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan cepat tanggap di dalam segala permasalahan atau tidak sama sekali.

Semua tergantung orang tua bagaimana memberikan yang terbaik untuk anak, nah untuk menambah atau melengkapi artikel informasi ini, silahkan saksisan video pendek tentang cuplikan Permainan Mewarnai dibawah ini.

 

Cukup sekian dari saya Muhammad Irvan Husaini untuk informasi tentang permainan Mewarnai ini yang mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan si anak. Terima kasih ,sampai jumpa lagi :).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s