PERAWATAN IKAN CUPANG

PERAWATAN CUPANG

Oke di topic ini saya memjelas kan secara sederhana perawatan Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup mudah dalam hal perawatan. Ikan ini dapat ditempatkan di akuarium dengan berbagai ukuran, mulai dari yang sebesar toples selai roti hingga akuarium yang besar. Ikan cupang juga tidak memerlukan alat sirkulasi udara seperti ikan lainnya.

Meskipun tidak rewel, namun kita harus tetap merawat ikan cupang ini dengan baik dan benar. Dengan perawatan yang baik maka ikan ini dapat tumbuh dengan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Selanjut nya untuk urusan air akuarium tersebut menggunakan air PAM atau sumber air lain nya juga tidak menjadi masalah. Akan tetapi disarankan untuk mendiamkan dulu air tersebut di wadah atau sejenis nya sebelum memasukan nya ke akuarium ikan cupang.Selanjut nya ganti lah air tersebut minimal 3 hari sekali. Anda juga dapat mengganti air nya setiap dua hari atau bahkan setiap hari. Konon ikan cupang akan jauh lebih baik pertumbuhannya jika kita rajin mengganti air nya setiap hari.Sebelum mengganti airnya, silahkan pindahkan terlebih dahulu ikan cupang Anda ke wadah penyimpanan sementara. Pindahkan ikan cupang tersebut dengan menggunakan saringan khusus ikan. Jangan memindahkannya dengan tangan karena bisa merusak sirip dan ekornya yang indah.

Lalu sesudah memberisahkan Aquarium / tempat si Ikan cupang berilah Ikan makanan.Terdapat banyak jenis makanan yang disukai oleh ikan cupang, mulai dari makanan alami hingga makanan yang di olah. Untuk mengetahui apa saja makanan yang cocok untuk ikan cupang,Untuk memberi makan ikan cupang Anda cukup menaburkannya ke dalam akuarium. Pastikan ikan cupang melihat Anda ketika memasukannya agar ia langsung menyergap nya. Ikan cupang sendiri lebih suka memakan makanan yang mengambang di atas permukaan air.Berikanlah makanan ikan cupang tersebut secara bertahap. Jika makanan yang Anda beri sudah habis, berikan kembali dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang pertama. Jangan memberi makanan terlalu banyak karena makanan yang tersisa dapat mengotori akuarium dan memicu timbulnya penyakit.

pastikan Anda selalu memberikan nya secara rutin pada waktu yang sama agar ikan cupang dapat teratur pola hidupnya. Waktu yang baik untuk memberi makan ikan adalah dua kali sehari di waktu pagi dan sore. Jangan memberikan Ikan Cupang di malam hari karena akan mengganggu pola tidur nya.

Dan yang terakhir jika anda mempunya banyak Ikan Cupang yang berada di

Aquarium ataupun di wadah pasti anda sekat-sekat kan yang menutupin sisi sebelah Aquarium samping nya, Coba anda buka sekat-sekat itu jika sedang member makan. Itu membuat sirip dan memtal si Ikan manjadi baik dan bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s