MENYELAMATKAN ORANG DARI ATAS GEDUNG MENGGUNAKAN TANDU

Cara evakuasi saat kebakaran di gedung bertingkat

Evakuasi di gedung bertingkat adalah penting. Alasannya sederhana: untuk menyelamatkan jiwa dengan aman. Supaya bisa melakukan evakuasi dengan aman, maka diperlukan latihan tanggap darurat gedung (sering disebut latihan evakuasi). Latihan ini selalu dikondisikan mendekati keadaan darurat yang sebenarnya.

gedung pict

Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketenangan ketika melakukan proses evakuasi pada saat kejadian yang sebenarnya, misalnya kejadian gempa bumi, atau kebakaran. Selain itu, kita menjadi lebih peduli dan sadar akan pentingnya kondisi tempat kerja, dan sekitar tempat kerja serta perilaku kerja yang aman, yang membuat kita dapat bekerja dengan aman (selamat) dan nyaman.

Berikut saya bagikan cara evakuasi di gedung bertingkat berdasarkan jenis keadaan daruratnya, dan sedikit tips evakuasi yang tidak kalah penting. Cara ini praktis digunakan saat latihan evakuasi, dan termasuk best practice mereka yang bekerja khususnya di industri migas dan berkantor di gedung bertingkat. Sumbernya dari prosedur evakuasi di gedung bertingkat yang telah dikembangkan dan safety briefing.

Kebakaran ditandai dengan bunyi alarm, dan pengumuman dari Gedung mengenai keadaan darurat kebakaran. Yang dilakukan adalah:

  1. TETAP TENANG. Semakin kita tenang, semakin kita bisa berpikir dan tanggap. Mengikuti latihan tanggap darurat di tempat kerja masing-masing atau di fasilitas publik lainnya
  2. PADAMKAN API BILA TERLATIH. Bila melihat api, segera beritahu orang terdekat di sekitar anda. Dan apabila anda terlatih menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), maka raihlah APAR terdekat dan padamkan api tersebut
  3. BERKUMPUL DI AREA LOBI LIFT LANTAI, dan tetaplah tenang.
  4. TIDAK MENGGUNAKAN LIFT. Meskipun berkumpul di area lobi lift, DILARANG menggunakan lift. Perilaku berisiko apabila masih menggunakan lift saat kebakaran, saat gempa, atau saat gedung belum menyatakan lift aman untuk digunakan
  5. IKUTI PETUNJUK PETUGAS TANGGAP DARURAT. Nah, beruntung apabila saat keadaan darurat, ada petugas tanggap darurat lantai yang membimbing anda. Umumnya, mereka memakai rompi warna merah, hijau, atau band-aid berwarna di lengannya.

 

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s