PENYELAMATAN KORBAN KECELAKAAN MOBIL

Anda pernah menyaksikan peristiwa kecelakaan lalu lintas secara langsung? Tidak perlu panik dan gegabah dalam memberikan bantuan. Pastikan diri Anda aman, perhatikan situasi di sekitar, dan kondisi korban. Setelah itu, upayakan untuk memberi pertolongan pada korban. Jika kondisinya terlalu parah, segera hubungi petugas damkar ( light resque ) apabila korban terjepit atau hubungi ambulans.

mbl

Pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas hanya bersifat sementara. Upaya yang Anda berikan untuk korban semata-mata ditujukan untuk mencegah kondisi korban makin parah sambil menunggu kedatangan petugas medis.

Kita wajib menolong orang lain yang mengalami musibah kecelakaan apabila korban tidak terjepit, namun kita juga perlu memerhatikan kondisi yang dialami korban. Berikut tahapannya:

  1. Pastikan Anda berada pada lokasi dan kondisi yang tidak berbahaya. Potensi bahaya yang masih mungkin terjadi adalah kebakaran, kebocoran gas beracun, atau kericuhan warga di sekitar kejadian. Perhatikan bahwa pertolongan pertama tidak bisa dilakukan selama diri Anda sendiri berisiko menjadi korban kecelakaan atau kejadian susulan. Segera matikan mesin kendaraan korban danjaga jangan sampai ada sumber pemicu api. Anda juga bisa menyarankan orang yang sedang merokok untuk menjauhi lokasi kecelakaan lalu lintas.
  2. Cek tanggapan dari korban dengan cara menepuk bahunya dan ajukan pertanyaan singkat seperti “Siapa nama Anda?” atau “Dapatkan Anda buka mata Anda?”
  3. Anda bisa mengupayakan pertolongan dengan menempatkan tangan Anda di bawah dagu korban dan angkatlah dagunya ke depan (chin lift) untuk membukajalan napas.Tempatkan tangan Anda di dahi korban dan dorong ke belakang (head tilt) apabila manuver dagu tidak membantu.
  4. Pastikan korban benar-benar bernapas minimal selama 10 detik. Periksa pernapasannya dengan cara melihat naik turunnya dada, mendengar, dan merasakan suara napas.

Kecelakaan lalu lintas atau apa pun bentuknya berisiko terjadi kapan saja dan di mana saja. Pengetahuan mengenai pertolongan pertama adalah penting sebagai bekal pribadi, baik digunakan untuk diri sendiri maupun untuk menolong orang lain. Persiapkan pula nomor telepon darurat di buku catatan atau simpan di dalam ponsel Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s