BOARDGAME – ALKISAH

IMG_0605.JPG

Beberapa fakta terdahulu ditemukan bahwa Board Game merupakan jenis permainan tertua yang pernah ditemukan umat manusia. Board Game ditemukan di makam-makam dan kuburan atau di lukisan-lukisan serta pahatan kuno masa lalu. Permainan ini merupakan peninggalan budaya lalu (folktales) sederhana yang biasa terbuat dari tanah kayu dan batu. Pada masa lalu Board Game sering dimainkan oleh para penguasa seperti raja dan jajarannya. Papan permainannya biasa terbuat dari material yang mewah dan memiliki nilai tinggi seperti gading, batu mulia dan material berharga lainnya.

Perkembangan Board Game sangat signifikan dalam semua aspek dan komponen permainan. Mulai dari cerita permainan yang beragam, tema permainan, mekanika yang bervariasi hingga aspek yang estetika yang menjadi unsur pembeda tiap board game.

IMG_0604.JPG

Salah satunya ialah permainan al – kisah, boardgame al – kisah ini merupakan salah satu permainan asli buatan tangan anak negeri. Permainan ini berbentuk kartu dengan bentuk kotak, dalam permainan ini kartu dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain; yang pertama ialah kartu yang berisi abjad – abjad huruf yang mana merupakan kartu yang berfungsi sebagai pelanjut cerita yang dimulai dengan abjad yang didapatkan dari tumpukan kartu abjad. Yang kedua ialah jenis kartu efek, setiap kartu efek memiliki ini memiliki fungsinya sendiri untuk menambahkan bumbu – bumbu keseruan dalam permainan, seperti kartu silat yang mana pemain yang mendapatkannya harus membentuk kalimat dari dua huruf yang didapat dari tumpukan kartu abjad. Yang ketiga ialah kartu tamat, kartu yang menandakan berakhirnya suatu cerita satu karakter yang dimainkan. Kartu tamat ini memiliki gambar – gambar lucu untuk mengakhiri sebuah cerita seperti; tahu basi,powerbank bocor, dan lain sebagainya. Dan yang terakhir ialah kartu karakter, kartu ini berisi gambar – gambar dari karakter dengan nama – namanya. Dan setiap kartu karakter ini memiliki awalan kisah yang berbeda pada setiap karakternya. Dengan beraneka ragam karakter yang ada membuat permainan al – kisah ini menjadi permainan seru untuk dimainkan bersama – sama dengan keluarga maupun bersama teman – teman. Ada pula beberapa kartu karakter yang memiliki sebuah misi khusus untuk dimainkannya, seperti kartu nyonya Ratna yang harus membawakan ceritanya dengan marah – marah, kartu karakter Bnag Kibo yang harus menyebutkan 5 kali kata oke pada setiap gilirannya, ada pula yang harus mempraktekan gerakan silat selama bercerita dan masih banyak lagi misi – misi khusus yang dapat memperseru dan mengocokperut selama permainan berlangsung.

Untuk memulai permainan al – kisah ini kita perlu membagi kartu menjadi 2 tumpukan, tumpukan pertama ialah semua kartu karakter dan yang kedua ialah tumbukan kartu abjad yang digabungkan dengan kartu efek dan kartu tamat. Lalu menentukan pemain pertama, pemain pertama mengambil kartu karakter dan membacakan sebuah cerita atau kisah bebas tentang karakter tersebut. Dan untuk sebuah kisah yang diceritakan harus berakhir dengan kalimat pertanyaan seperti “ sesungguhnya Bang Kibo ialah perempuan, makanya ia menyukai strawberi,karena strawberi merupakanbuah yang ? “. Kemudian pemain kedua akan mengambil kartu abjad dan melanjutkan kisah dari pemain pertama dengan awalan abjad yang didapatkan dari tumbukan. Permainan berlangsung seperti itu hingga salah satu pemain mendapatkankartu tamat yang adaditumpukan abjad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.