KONTES IKAN CUPANG

Screenshot_2018-05-29-16-23-57-82[1]Penggemar ikan Betta Splendens atau ikan Cupang hias, Para peserta Betta Contest ini berasal dari seluruh penjuru Nusantara. Peminatnya, bahkan dari mancanegara, Amerika Serikat, Taiwan dan Singapura.Betta Contest mengatakan pada pelaksanaan kontes betta ini berbeda dengan sebelumnya. Jika tahun lalu panitia memakai standard nasional, untuk saat ini mereka menggunakan Internasional Betta Congress (IBC).Betta Contest ini pertama kali menggunakan standard Internasional Betta Congress (IBC).perbedaan standard nasional Betta Contest hanya penampilan ikan yang diutamakan. Meliputi, mulai dari bentuk ikan tidak boleh gemuk, sirip ikan harus sempurna berbentuk bundar 180 derajat. Apabila, tidak memenuhi kriteria dipastikan tidak boleh ikut kontes.Sehingga, dengan standard nasional maka dikuatirkan banyak peserta yang berpotensi melakukan manipulasi ikan. Misalnya, sirip ikan itu dirapikan memakai alat potong supaya penampilannya sempurna.Namun kriteria dalam kontes standard IBC ini lebih mengutamakan kombinasi warna pada ikan Cupang. Tidak diperkenankan rekayasa pada ikan (Disalon). Apabila ada yang ketahuan terbukti mempermak ikan, secara otomatis gugur atau didiskualifikasi dan itu sangat tidak diperkenankan dan Standard IBC itu adalah ikan alami dari hasil pembudidayaan.

Screenshot_2018-05-29-16-24-15-89[1]

Ditambahkannya, untuk pesertanya ini diikuti dari berbagai kota di Nusantara. Bahkan, pesertanya ada yang dari luar negeri untuk berpartisipasi Betta Contest ini.Pesertanya juga ada dari luar negeri, Amerika Serikat, Taiwan dan Singapura Dalam kegiatan bergengsi ini pihaknya melibatkan juri profesional yang sudah terverifikasi standard IBC. Adapun jurinya berasal dari Jakarta dan Jambi.Adapun ketegori yang diperlombakan, kelas reguler, dark atau ligth solid colour. Longfin Doubletail, Crowntail, Shortfin Singletail (Show Plakat) dan Giant.Optional Classes yakni Female, untuk kelas Junior meliputi Junior Longfin Singletail (Halfmoon), Junior Doubletail, Junior Crowntail, Junior Shortfin Singletail, Junior Giant.

Kelas From and Finnage yaitu Longfin Singletail (Halfmoon/ Halfmoon Big Ear), Doubletail (Longfin and Shortfin), Crowntail dan Shortfin Singletail (Show Palkat/ Plakat Big Ear)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s