PART NOS, ORI, dan KW

33614553_1890194104324184_5709444569402179584_o

Halo bro and sis sekalian, ketemu lagi ni sama gw, Antoni. Sekarang kita masuk ke part yang ke delapan nih yang membahas tentang part NOS, ORI, dan KW. Sebelumnya gw mau ngejelasin dulu ap itu NOS, ORI, dan KW.

NOS itu adalah barang original asli, yang tidak pernah digunakan pada saat awal diproduksi dan masih terjaga baik kondisi barangnya maupun kondisi bungkusnya. Biasanya NOS ini lebih ke barang-barang lama yang sudah tidak diproduksi lagi part barunya, dan tidak banyak orang yang menjual barang NOS karena hanya orang yang menyetoknya saja.

ORI adalah part yang masih diproduksi langsung dari pabriknya atau pun barang copotan dari motor bawaan aslinya yang diperjual belikan oleh pemilik kendaraan tersebut. Walau dikatakan barang second/bekas, tetapi kualitas  dari part tersebut masih dikatakan dalam kategori original.

KW adalah part barang tiruan yang mirip dengan asli dan juga diproduksi oleh pabrik-pabrik lokal di Indonesia, maupun di negara Asia lainnya seperti di Thailand, Malaysia, Filipina, dan juga India. Walau part KW sangat mirip dengan aslinya tetapi jika orang yang sudah paham pasti langsung mengetahuinya.

Dari ketiga kategori tersebut memiliki perbedaan yang lumayan jauh. Barang NOS dan ORI memiliki perbedaan yaitu kondisi barang. Barang NOS untuk kondisi barang bisa dikatakan baru karena tidak pernah digunakan dan tidak pernah dibuka dari bungkusnya. Tetapi kalau barang ORI sudah digunakan atau bisa dibilang barang bekas, tetapi untuk kategori barang yang masih produksi barang ORI memiliki kondisi yang setara dengan barang NOS, perbedaannya adalah jika masih diproduksi, maka tidak bisa dikategorikan dalam barang NOS melainkan barang ORI. Jadi bisa dikategorikan bahwa barang NOS dan ORI adalah sama.

Perbedaan barang ORI dan KW adalah dari segi kualitas. Kualitas bahan ORI jauh berbeda dengan kualitas barang KW, biasanya barang ORI menggunakan bahan plastic keras dan padat, berbeda dengan barang KW yang menggunakan bahan plastic tipis dan elastis. Untuk part berat, barang ORI lebih menggunakan bahan besi ataupun aluminium yang padat, tetapi barang KW biasanya menggunakan bahan babet yang lembek dan tipis.

Untuk sector harga memang sangat jauh berbeda. Dari ketiga kategori ini bisa dikatakan yang paling mahal adalah part barang NOS karena sudah tidak diproduksi lagi dan bisa menjadi barang langka yang hanya sebagian orang saja yang membelinya. Untuk barang ORI biasanya sudah ditentukan oleh perusahaan kendaraan tetapi memang setiap toko memiliki harga yang berbeda. Untuk barang KW sudah pasti memiliki harga yang sangat murah karena tidak mementingkan kualitas, yang penting adalah konsumen puas dengan harga murah.

Sekian dari part kedelapan ini, harus diberitahukan bahwa seluruh tulisan ini adalah pengetahuan dari penulis sendiri, jika memang merasa tidak sepaham dan sepemikiran, itu pilihan anda karena manusia memiliki pandangan dan persepsi masing-masing. Terima kasih tetap setia membaca artikel ini, kurang lebihnya mohon maaf. Salam satu aspal untuk seluruh bikers Indonesia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s