HIDUP SEHAT DITENGAH PADATNYA AKTIVITAS

Apa sih arti hidup sehat menurut kalian?

Kali ini saya akan memaparkan arti hidup sehat menurut ibu Sugiarti. Ibu Sugiarti adalah perempuan berusia 33tahun, seorang ibu pekerja sekaligus ibu rumah tangga. Ia bekerja di Apartemen Kedoya Elo dan bertempat tinggal di Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. Ditengah kesibukannya dalam melakukan dua peran sekaligus, ia masih bisa mengatur pola hidup sehatnya. Membagi waktu antara rumah dan pekerjaan merupakan hal yang sulit dan sangat melelahkan, tapi tidak bagi ibu Sugiarti. Baginya hidup sehat itu penting, cara yang dilakukan mengatur hidup sehatnya yaitu “saya mengikuti erobic senam malam terus diiringi dengan makan sayur, makan buah-bauahan, minum air putih yang cukup” katanya.

Olahraga adalah hal yang paling tepat untuk mengiringi hidup sehat menurutnya. Ia mengikuti senam malam erobik yang diadakan di RPTRA Manunggal, Jakarta Barat. Karena pagi hari harus mengurus keluarga, dan siang harinya dipergunakan untuk bekerja, ibu Sugiarti memanfaatkan waktu malamnya untuk berolahraga.

Ia melakukan hal tersebut sudah satu tahun belakangan, “iya sudah ikut senam erobic dari awal RPTRA ada waktu itu sebelum lebaran 2017” katanya. Di RPTRA manunggal ini melakukan beberapa kegiatan positif seperti olahraga dan salah satunya senam erobik. Ketika sebagian ibu-ibu memilih beristirahat pada malam hari, lain halnya dengan ibu Sugiarti. Menurutnya senam yang dilakukan malam hari akan membuat tubuh menjadi fresh ketika bangun tidur dan ia sudah membuktikannya. Banyak pula ibu-ibu sekitar yang ikut aktif dalam kegiatan senam tersebut.

IMG_0513

Adapula pendapat hidup sehat dari pelatih senam di RPTRA Manunggal yaitu ibu Tri Maryati atau lebih dikenal dengan nama Maryati. Sebagai orang yang berprofesi sebagai pelatih senam, ia mengatakan bahwa olahraga memang penting dilakukan, selain tubuh menjadi lebih sehat dan badan menjadi langsing, banyak manfaat-manfaat lain yang didapat bila berolahraga.

Ketika senam erobik sudah satu tahun berjalan dan banyak permintaan untuk menambah senam yoga dari anggota yang sudah bergabung senam di RPTRA Manunggal, ibu Maryati pun mengabulkan untuk mengadakan senam yoga “iya yoga dilakukan 15 menit sehabis senam erobik” katanya. “Senam erobik biasanya kita mulai pada pukul 19.30 – selesai” ujarnya.

IMG_0492

Setelah melakukan beberapa kegiatan mulai dari mengatur pola makan dan minum air putih yang banyak, serta diiringi dengan senam erobik maupun senam yoga, ibu sugiarti dan semua members pun merasakan manfaatnya dari olahraga yang telah dijalaninya. Tidak merasa lebih lelah melainkan badan terasa lebih fit untuk melakukan aktivitas padat keesokan harinya dan saya pun jadi penasaran untuk mencoba bergabung dan membuktikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.