Efektifitas Penyampaian Pesan Grup Line Community Camera Indonesia dalam Meningkatkan Ilmu Fotografi

Komunitas kamera Indonesia merupakan salah satu komunitas foto yang ada di Indonesia dengan skala nasional, dimana komunitas ini tidak hanya ada di Jakarta, namun ada juga di beberapa daerah seperti Bali, Medan dan beberapa kota lainnya, dan di dalamnya terdiri atas orang-orang yang berprofesi sebagai fotografer dan juga orang-orang yang hanya memiliki hobi dalam dunia foto dan juga profesi lainnya.

Komunitas foto ini saling berhubungan dengan menggunakan sosial media yaitu grup Line. Mereka juga kadang melakukan hunting bersama diwaktu senggang. Kebersamaan komunitas ini sangat akrab. Mereka saling mendukung satu sama lain. Tidak hanya itu saja, mereka juga berbagi ilmu tentang dunia fotografi baik di dalam grup line dan juga saat hunting bersama.

Hal yang menarik dalam grup ini adalah mereka memiliki perbedaan suku, ras, agama, kebudayaan, profesi, dan lainnya akan tetapi mereka selalu akrab dan berkumpul. Ternyata rahasianya adalah mereka memiliki kesamaan hobi yang pada akhirnya membuat mereka bisa bersatu dan berkumpul dalam satu komunitas kamera Indonesia.

Peter Mendrofa adalah salah satu anggota grup dalam Komunitas Camera Indonesia yang berprofesi sebagai karyawan di salah satu perusahaan asuransi multinasional. Peter juga merupakan fotografer freelance. Menurutnya kamera Indonesia adalah Fotografi, Kreativitas dan Indonesia.

Screenshot_20181219-200848_2

Peter juga menceritakan pengalamannya selama bergabung dalam komunitas Kamera Indonesia. Dia merasa bangga dan beruntung bisa menjadi bagian dalam komunitas tersebut karena banyak Ilmu yang bisa dia dapatkan dan juga pengalaman baru bersama anggota grup.

“disana saya belajar banyak hal salah satunya saya belajar bagaimana cara menghargai satu dengan yang lain dan juga mereka sangat memotivasi dan saling mendukung”

Peter juga berpendapat bahwa komunikasi yang mereka lakukan dalam grup Line komunitas kamera Indonesia itu masih kurang efektif karena tidak semua anggota grup bisa join saat ada informasi yang disampaikan. Hal ini karena kesibukan yang berbeda-beda dari masing – masing anggota grup.

” ya.. jadi karena berbasis media sosial e.. misalnya menggunakan apa e.. alat komunikasi seperti WhatsApp atau line itu e.. kadang-kadang ketika ada diskusi tidak semua memang merespon ya e jadi efektivitasnya memang tidak terlalu efektif ya mungkin kita bisa asumsikan tidak terlalu efektif karena tidak semua member bisa join di waktu itu karena ada member tertentu yang bisa jadi berhalangan”.

Screenshot_20181219-200737_2.png

Jumlah anggota grup kamera Indonesia ini adalah kurang lebih 200 orang dengan jumlah yang sangat banyak itu, informasi yang disampaikan tentunya juga banyak. Salah satu cara agar anggota grup tidak ketinggalan informasi – informasi penting yang disampaikan dalam grup tersebut, mereka share informasi tersebut dalam bentuk note sehingga anggota yang berhalangan membaca grup, tidak kehilangan informasi. (Rep:Dian Waruwu)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.