Ayo Lestarikan Hewan Musang Bersama Komunitas SOMAT Tangerang (Solidaritas Owner Musang Tangerang)

IMG_20181216_130622

Apa yang kalian pikirkan jika membayangkan hewan musang? Liar kah? Berbahaya kah? Jika kalian berpikir seperti itu, mungkin ada benarnya. Tetapi, di sini ada komunitas yang memberdayakan juga melestarikan hewan musang. Komunitas ini bernama SOMAT atau singkatan dari Solidaritas Owner Musang Tangerang.

Komunitas SOMAT merupakan komunitas pecinta hewan musang yang berasal dari Tangerang. Di komunitas ini kebanyakan adalah pemilik hewan musang. Selain pemilik, yang tidak memiliki musang juga boleh kok bergabung dengan komunitas ini.

Sebelumnya, komunitas SOMAT ini adalah komunitas virtual yang terbentuk dari Facebook sejak 12 November 2012 lalu. Terhitung sudah 12 tahun komunitas ini berdiri. Komunitas ini kebanyakan membahas segala hal tentang musang melalui media sosial, seperti Whatsapp, Facebook, hingga Instagram. Kegiatan apapun yang dilakukan oleh komunitas SOMAT ini selalu diposting di Facebook dan Instagram.

Komunitas ini didirikan untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan kepada masyarakat bahwa musang bukanlah hewan hama seperti tikus. Menurut Ketua Umum SOMAT, yaitu bang Macho, musang itu dapat dipelihara oleh semua masyarakat, baik itu yang masih awam akan musang dan juga yang sudah tau hewan musang, “jadi musang ini bisa dipelihara oleh semua masyarakat dari yang awam hingga yang memperkenalkan musang.”

Menurutnya lagi, kini hewan musang terbilang hampir punah, ada sekitar 95% musang asli Indonesia. Ada juga beberapa musang yang dilindungi, juga ada beberapa musang yang sudah diakui oleh negara lain, “sebenernya musang ini hampir punah, musang ini 95% itu asli Indonesia, dan ada beberapa musang yang sudah dilindungin. Karena sudah ada beberapa musang yang diakui negara lain.”

Di Indonesia ada beberapa jenis musang, seperti musang pandan, musang bulan, musang akar dan lain sebagainya. Karakter dari masing-masing musang berbeda, ada yang suka dimanja sama pemiliknya dan ada yang masih labil seperti misalnya suka mengigit pemiliknya.

Bang Macho berpesan kepada masyarakat agar tetap melestarikan musang. Jangan pernah lagi untuk memburu ataupun memusnahkan musang. Jadi ayo, kita lestarikan hewan musang agar hewan lucu ini tetap ada dan tidak punah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.