BERINTERAKSI MELALUI DUNIA VIRTUAL

Komunikasi virtual atau virtual communication adalah komunikasi (proses penyampaian dan penerimaan pesan) menggunakan (melalui) cyberspace / ruang maya yang bersifat interaktif. Komunikasi virtual tidak dapat lepas dari sebuah media internet yang menggunakannya sebagai alat komunikasi. Disini terlihat adanya peralihan gaya atau kebiasaan manusia dalam berkomunikasi menyampaikan informasi dengan sesamanya. Dikatakan begitu karena saat ini manusia tidak perlu lagi berkomunikasi pada waktu, tempat yang sama.

Nampaknya melalui komunikasi virtual saat ini, hambatan – hambatan yang ada terdahulu seperti jarak, waktu, biaya, serta kesulitan lainnya dapat teratasi. Hal ini dikarenakan internet sebagai media komunikasi virtual tidak terbatas ruangnya sehingga masyarakat luas dapat menyampaikan informasi kemana saja, dan ke siapa saja. Dalam komunikasi virtual, memungkinkan seseorang berinteraksi tetapi sebenarnya mereka tidak berada secara wujud di tempat itu.

Game kini menjadi komunitas virtual yang paling sering digeluti oleh anak muda. Karna melalui game, kita bisa berinteraksi tanpa harus bertatap muka. Kita bisa berinteraksi melalui dunia virtual. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari dunia virtual, contohnya kita bisa dapat dengan mudah berinteraksi atau berdiskusi tentang sesuatu tanpa harus bertatap muka. Dalam dunia virtual, kita juga bisa mendapat teman baru untuk bercengkrama atau sekedar bermain bersama.

Namun bukan berarti dunia virtual tidak mempunyai dampak negatif, dampaknya negatifnya adalah kecanduan dalam berinteraksi di dunia virtual sehingga proses sosialisasi Dengan adanya sarana dan fasilitas yang begitu canggih, tidak akan ada dorongan untuk secara langsung terjun ke masyarakat; kemampuan interaksi akan menurun.

20181220_231343[1]

 

Contoh salah satu komunitas virtual adalah Retweet, yaitu salah satu Squad dalam permaminan Mobile Legend. Squad yang diisi oleh Mahasiswa Budi Luhur ini sudah beberapa kali mengikuti lomba. Melalui Mobile Legend, mereka bisa berinteraksi kapanpun dan dimanapun. Squad ini tidak hanya aktif dalam permainan game Mobile Legend, namun mereka juga sering berkomunikasi untuk hal yang positif yakni diskusi soal perkuliahan dan lain lain.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.