Diet Yang Benar = Gaya Hidup Sehat

IMG-20181218-WA0078

Namanya adalah Rachmanida Nuzrina, S.GZ, M.Gizi, RD. Biasa dikenal dengan sebutan Bu Nina, Bu Nina adalah seorang dosen sekaligus ahli gizi. Saat pertama kenal dengan Bu Nina saya merasa bahwa Bu Nina merupakan sosok yang sangat luwes dan humble, pengetahuan yang luas dan yang terpenting, ilmu yang disampaikan Bu Nina dapat diterima oleh saya dengan cara yang teramat sangat ringan dan mudah diingat. Beberapa waktu lalu saya bertanya mengenai apakah diet yang kita tujukan untuk menurunkan berat badan dengan cara yang benar merupakan bagian dari gaya hidup yang sehat? Alasan saya bertanya perihal mengenai diet, karena menurut saya masih banyak orang diluar sana yang melakukan diet agar terlihat sempurna, bahkan ideal, namun dengan cara yang salah dan tanpa ilmu pengetahuan yang benar.

Lalu Bu Nina tegas menjawab “Diet itu bukan untuk menurunkan berat badan, diet itu bagaimana kita mengatur makan sesuai kebutuhan kita” jadi menurut keilmuwan gizi, menyatakan bahwa diet bukan untuk menurunkan berat badan. Sangat salah jika seseorang berargumen ingin kurus, ingin langsing, ingin terlihat sempurna, dan terlihat ideal namun jalan yang ditempuh adalah diet. Karena pada dasarnya diet merupakan cara seseorang mengatur pola makan yang sehat sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian bu Nina melanjutkan bahwa setiap orang sangat membutuhkan lemak, kenapa? Karena lemak sendiri juga sangat berpengaruh pada proses pembentukan berat badan yang ideal, yang harus diingat, lemak yang dipilih adalah lemak baik. Karena ada dua jenis lemak. Lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik seperti ikan dan lemak jahat salah satunya adalah gorengan. Nah lemak jahat seperti gorengan inilah yang membuat berat badan naik dan tidak baik untuk kesehatan.

Selain itu agar diet yang baik terlaksana dengan baik, sekaligus menjaga kesehatan yang lebih optimal, diperlukan juga olahraga minimal sehari 30 menit dengan intensiatas yang ringan dan sedang. Seperti joging bahkan bisa juga seperti jalan ditempat.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur, justru akan mudah sekali menjadi gemuk, selain itu tidak cukup tidurpun juga tidak baik untuk kesehatan.

Setelah saya mengetahui ilmu yang disampaikan Bu Nina bahwa makanan yang dikonsumsi harus lebih dipilah, olahraga secara teratur dan tidur dengan waktu yang cukup ternyata itu semua mencerminkan bagaiamana seseorang hidup dengan gaya yang sehat. Kemudian soal diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal, itu merupakan suatu bonus yang didapat dari bagaiman seseorang menjalankan gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.