Gaya hidup sehat adalah suatu pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan. Hidup dengan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Sehat dalam arti kata mendasar adalah segala hal yang kita kerjakan memberikan hasil yang baik bagi tubuh.

IMG_1633

Saat saya bertemu dengan mas Reza Agustian (20) di lapangan ahmad yani kota tangerang. Saya melihat beliau sedang melakukan persiapan untuk berolahraga, kenyamanan saat berolahraga sagat diutamakan baginya walaupun hanya dengan mengikat tali sepatu itu sangat hal penting baginya karena dari hal kecil saja jika dispelekan bisa menjadi berbahaya. Cara beliau untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga rutin yang dilakukan satu minggu 2 kali, menerapkan pola hidup sehat sangatlah penting baginya. karena  Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang. Olahraga juga merupakan salah satu metode penting untuk mereduksi stress. Olahraga juga merupakan suatu perilaku aktif yang menggiatkan metabolisme dan mempengaruhi fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan tubuh dalam upaya mempertahankan tubuh dari gangguan penyakit serta stress. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan tersetruktur dengan baik.

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja. Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Maka dari itu banyak hal yang ditakuti jika kurangnya berolahraga. Setelah persiapan sudah selesai dilakukan mulailah beliau melakukan pemanasan.

IMG_1639

Sebelum olahraga tahap selanjutnya yang dilakukan oleh beliau adalah melakukan pemanasaran terdahulu. Pemanasan juga memiliki manfaat psikologis, yaitu meningkatkan mental dan fokus selama berolahraga. Pemanasan membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang sehingga ketegangan akan berkurang. Manfaat pemanasan dan pendinginan pada olah raga yang selanjutnya adalah dapat membantu untuk meningkatkan performa. Dalam artian di dalam melakukan olahraga tentu saja membutuhkan tenaga (performa) yang cukup besar, sehingga dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, yang nantinya akan membuat performa lebih terpacu. Hal ini tentu saja akan membuat kegiatan olahraga, yang memberikan hasil yang lebih maksimal.

Olahraga melibatkan pergerakan otot, sendi dan tulang dalam intensitas yang cukup besar. Dengan melakukan pemanasan olahraga maka darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga siap untuk dipacu kerja lebih berat. Sedangkan kegunaan atau manfaat olahraga itu sendiri adalah untuk menguatkan otot, tulang, jantung, paru-paru dan memperlancar peredaran darah. Setelah melakukan pemanasan yang membuat sedikit keluar keringat, maka dilanjutkan dengan peregangan otot atau strenching. Baik pemanasan maupun peregangan harus dilakukan dalam kapasitas yang ringan dan rendah jangan terlalu berlebihan. Jika dilakukan berlebih bisa memicu cedera sendi. Jangan sampai belum olahraga sudah merasa lelah atau capek berat. Jika sudah dilakukan dengan benar maka tubuh akan siap untuk melakukan kegiatan olahraga. Lalu berolahragalah dengan perasaan riang gembira tanpa paksaan dan lupakanlah semua masalah yang ada.

Dari pengertian di atas dapat diartikan bahwa gaya hidup sehat adalah adalah suatu pilihan yang sangat tepat untuk kelangsungan hidup kita, sedangkan pola hidup sehat adalah jalan yang harus ditempuh untuk memperoleh fisik yang sehat secara jasmani maupun rohani. Jadi gaya hidup sehat adalah proses untuk mencapai pola hidup sehat.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dijalani untuk mencapai pola hidup sehat, diantaranya adalah konsumsi makanan, olah raga, istirahat, kualitas udara, dan pribadi yang kuat.

1. Konsumsi Makanan

Konsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan yaitu makanan yang harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Namun belu banyak yang memerhatikan tentang makanan, bahkan banyak makanan yang berbahaya bagi kesehatan sangat diminati, seperti makanan yang mengandung pengawet, makanan cepat saji/makanan instan.

Orang-orang zaman dahulu cenderung lebih panjang umurnya daripada di zaman sekarang, hal ini disebabkan karena mereka mengkonsumsi makanan-makanan segar, dan tanpa bahan kimia. Ini merupakan contoh penting betapa bahan kimia sangat merusak kesehatan kita.

2.Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan tetapi banyak yang mengabaikannya, padahal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh. Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti akan lebih giat, menurunkan tekanan dara tinggi, menguatkan tulang-tulang, meningkatkan HDL(kolesterol yang baik), mencegah kencing manis, menurunkan resiko kanker, mengurangi stress dan depresi, dan juga akan memberikan kebugaran.

3. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup diperlukan untuk memulihkan diri dari kelelahan dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai. Di sini jelas terdapat perbedaan yang sangat menonjol, kita di masa kini lebih sering bekerja hingga lupa waktu untuk istirahat atau bahkan sampai minum minuman penambah energi (suplemen).

4. Menciptakan Udara Yang Bersih

Bagi yang tinggal di daerah pedesaan tentunya udara yang bersih bukan merupakan hal yang sulit, namun bagi yang tinggal di daerah perkotaan perlu melakukan pengndalian terhadap kebersihan udara, paling tidak menanam pohon di sekitar rumah.

5. Pribadi Yang Kuat

Pribadi yang kuat juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan secara menyeluruh. Pribadi yang kuat berarti mampu mengendalikan keseluruhan aktifitas hidupnya. Diantaranya kepribadian untuk pantang mengkonsumsi apapun yang bersifat merusak, seperti tembakau, alkohol, narkoba, makanan yang mengandung pengawet.

Cuplikan tersebut sudah menjelaskan sebagaimana cara menerapkan pola hidup sehat adi gaya hidup seseorang lah yang menopang pola hidup sehat nya, karena dengan gaya hidup sehat maka pengertian pola hidup sehat secara otomatis lakukan. Jika gaya hidup sudah terbiasa meminum alkuhol, merokok, mengkonsumsi obat kimia, narkoba, jalan malam setiap hari ini adalah contoh-contoh hidup yang tidak sehat dan berpengaruh terhadap kesehatan. Di  tahun 1986 WHO, di dalam Piagam Ottawa untuk mempromosikan Kesehatan, menyatakan bahwa pengertian kesehatan adalah “sumber daya untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup sehat adalah konsep positif dalam menekankan sumber daya sosial dan sumber daya pribadi, serta kemampuan pada fisik.

Dalam Undang-Undang ini yang maksud dari pengertian kesehatan adalah:

  1. Kesehatan yaitu  keadaan sejahtera from badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap individu hidup produktif dengan sosial dan ekonomis.
  2. Upaya kesehatan adalah seluruh kegiatan untuk pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang akan dilakukan oleh seluruh pemerintah atau masyarakat.
  3. Tenaga kesehatan adalah seluruh orang yang mengabdikan dirinya dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan atau keterampilan (didalam kesehata) melalui pendidikan di bidang kesehatan untuk jenis-jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.
  4. Sarana kesehatan adalah tempat-tempat yang akan digunakan untuk menyelenggarakan dalam upaya kesehatan.
  5. Kesehatan adalah sesuatu yang berguna bagi kehidupan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.