Ini Dia, Buat Kamu Pecinta Reptil Sejati

IMG_9961

Bagi kalian pecinta, penyuka, serta penyayang reptil pastinya sudah gak asing lagi dengan komunitas yang satu ini. Komunitas yang bernama Community Of Reptile Keepers, Komunitas Pecinta Reptil atau biasa disingkat COPER. Komunitas yang awalnya dibentuk dengan modal hobi dari ketiga orang sahabat yang sangat peduli dengan reptil. Dimulai dengan kecintaannya terhadap reptil, kemudian berdirilah sebuah komunitas yang awal mulanya secara virtual yaitu melalui grup whatsaap. Lalu berkembang pesat dengan adanya sosialisasi yang dilakukan setiap minggunya, meskipun awalnya hanya di tempat ngobrol-ngobrol biasa, komunitas ini kini eksis mensosialisasikan dan mengedukasi mengenai reptil kesekolah-sekolah dan juga kepada masyarakat luas.

 

Beberapa waktu lalu saya berbincang dengan salah satu wakil dan sekaligus koordinator dari komunitas COPER, yang bernama Muhammad Nur dan akrab disapa Ka Benay. Ka Benay sendiri merupakan satu dari ketiga orang tadi yang memilki hobi memelihara reptil, “Awalnya itu kita tiga orang si ya, jadi kita tuh Cuma punya hobi. Jadi dari kecil itu udah hobi, kaya main ular atau ketemu biawak” ujarnya.

Saat saya bertanya alasan komunitas ini ada dan mengapa tetap hidup sampai sekarang, ternyata pecinta reptil ini beranggapan “Bahwasannya itu si ular atau si biawak dan segala macamnya itu patut untuk kita lindungi” tutur Ka Benay, karena mereka semua bukan lah hewan yang diasumsikan oleh masyarakat luas sebagai hewan yang berbahaya dan mematikan.

Komunitas ini tidak hanya berkembang didunia maya tetapi juga sangat dikenal didunia nyata, mengapa? Karena komunitas ini aktif melakukan kegiatan sosial melalui dunia pendidikan dengan memberikan edukasi tentang reptil. Kegiatan ini tentunya memilki tujuan untuk memberitahu bahwa sesungguhnya reptil dapat hidup rukun berdampingan dengan manusia tanpa merusak ekosistem yang ada.

Buat kalian pecinta reptil kalian dapat bergabung dengan cara mengunjungi laman Instagram @coper.tangerang . Disana kalian bisa mengetahui apapun kegiatan yang komunitas ini lakukan. Selain edukasi dan sosialisasi COPER sendiri melakukan gathering rutin setiap satu minggu sekali untuk memberikan pengetahuan mengenai dunia reptil. Ini pun merupakan wujud ekspresi yang dilakukan komunitas ini dalam mencintai lingkungan dan bermasyarakat.

IMG_9969

Meskipun terlihat aktif dalam bersosialisasi namun komunitas ini pun tetap aktif dalam dunia virtual, karena pecinta reptil sangat banyak dan tersebar dimana mana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.