Kebersihan Yang Selalu Terabaikan

IMG-20180506-WA0041.jpgKebanyakan orang, mungkin juga anda, malas untuk cuci tangan sebelum makan. Padahal manfaat cuci tangan sebelum makan sangat besar sekali untuk kesehatan.

Tahukah Anda bahwa hampir 70% penyakit yang menyerang tubuh berasal dari tangan? Terutama infeksi.

Tangan merupakan salah satu media termudah untuk jalan masuknya kuman, bakteri dan virus ke dalam tubuh. Dan kebanyakan masuknya bakteri atau kuman tadi ketika sedang makan. Sehingga sangat penting bagi Anda yang akan makan untuk mencuci tangan terlebih dulu.

Influenza, batuk, demam, diare, infeksi usus dan penyakit lainnya banyak yang disebabkan oleh bakteri dari telapak tangan. Karena alasana inilah semua agama dan ilmu etika mengajarkan untuk menjaga kebersihan tangan. Bahkan setiap selesai bepergian Anda disuruh untuk membersihkan tangan atau berwudhu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tujuan mencuci tangan yang perlu Anda simak. Supaya setelah ini, Anda tidak menyepelekannya lagi.

  1. Menghilangkan lemak dan kotoran

Hampir setiap menitnya, semua orang beraktifitas dengan debu dan kuman. Bahkan saat setelah makan, banyak lemak yang menempel di telapak tangan. Untuk itu, mencuci tangan bisa menghilangkan berbagai kotoran ataupun lemak yang jika tertelan akan menyebabkan banyak penyakit.

  1. Menghilangkan kuman dan bakteri jahat

Ada banyak kuman dan bakteri jahat yang mudah menempel di telapak tangan. Sehingga jika tidak Anda bersihkan, kuman dan bakteri akan ikut tertelan saat Anda makan. Bakteri yang jahat bahkan bisa membuat Anda terserang penyakit paling berbahaya di dunia. Itulah pentingnya mencuci tangan bagi kesehatan.

  1. Mencegah berbagai penyakit

Pepatah mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Nah, dengan mencuci tangan, Anda bisa terbebas dari berbagai macam penyakit. Bahkan untuk penyakit kronis sekalipun. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan fakta bahwa kebiasaan mencuci tangan sebelum makan bisa menurunkan kasus diare sampai 47%, menekan ISPA (penyakit saluran pernafasan) sebesar 30% dan memperkecil berbagai resiko infeksi yang mengancam kesehatan tubuh.

  1. Mencegah penularan penyakit dan infeksi

Sebagian besar kasus penularan penyakit dan infeksi terjadi melalui tangan. Bisa karena jabat tangan, mengelap, dan lain sebagainya. Untuk menghindarinya, Anda perlu membiasakan diri mencuci tangan.

Tanpa pembiasaan, Anda akan selalu malas untuk melakukan kegiatan sepele seperti itu. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan manfaat cuci tangan sebelum makan di atas, Anda tidak boleh menganggap sepele persoalan itu.

Dan inilah langkah langkah mencuci tangan.

  1. Gosok kedua telapak tangan hingga merata
  2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  3. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari
  4. Jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci tautkan dan saling digosokkan.
  5. Gosok ibu jari kiri berputar kearah bawah dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.
  6. Gosokkan ujung ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar dan sebaliknya.
  7. Bilas tangan dengan air bersih
  • Keringkan tangan dengan menggunakan kertas/tissu sekali pakai
  • Gunakan handuk kertas tersebut untuk memutar kran sewaktu mematikan air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.