Komunitas Solidarity Cyber Action Yang Bergerak di dalam Kemanusiaan

JAKARTA – Jejaring sosial media daring atau biasa lebih populer dengan istilah media sosial (medsos) saat ini sangat memudahkan manusia untuk berinteraksi dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Melalui medsos masyarakat dunia kini dipermudah berkomunikasi, berinteraksi, berbisnis, berdagang, bahkan dalam beraktivitas sosial di urusan kemanusiaan.

Melalui medsos kita bisa mengumpulkan orang untuk beraksi secara cepat dan masif. Medsos pun dengan cepat menggalang bantuan atau donasi untuk kemanusiaan. Atas dasar itulah, ACT yang menjadi sebuah Lembaga Kemanusiaan Global, juga memanfaatkan medsos untuk beraksi, menjalin empati lewat jejaring maya.

 

IMG-20180418-WA0103

Lewat ruang maya, sosialisasi dan edukasi program kemanusiaan dilakukan ACT dengan kecepatan hitungan detik, dan jangkauan seantero dunia. 

Tak hanya itu, ACT pun bersinergi dengan Komunitas-Komunitas untuk kemanusiaan. Salah satu sinergi yang dilakukan ACT adalah berkolaborasi di dalam Huriyah Project dari Komunitas Solidarity Cyber Action (SCA) yang fokus menolong anak-anak Suriah, Palestina, dan Rohingya, serta Tepian Negeri Indonesia.

Solidarity Cyber Action didirikan 13 Juli 2017 yang lalu. Menginjak usia satu tahun, SCA berkembang dengan melebarkan sayapnya ke tiga wilayah cluster di Pulau Sumatra, Jawa, dan Sulawesi. Selain itu, SCA juga memiliki Tim representative di Hong Kong, Jepang, dan Belanda.

 

IMG-20180422-WA0063_1524483495508.jpg

SCA sendiri juga bergerak aktif di jejaring sosial media seperti instagram, web yang mengumpulkan dana bahkan ketika SCA mencari dana tidak hanya lewat media web tapi mereka juga terjun lansung untuk mencari dana tersebut seperti di CFD Jakarta, Stadion Pakansari (Bogor) dan di beberapa tempat lainnya.

Ryan Adam Maulana (24), Ketua SCA yang juga menjadi Founder Huriyah Project, gerakan Huriyah Project ini lebih mengkhususkan membantu anak-anak korban konflik dan bencana yang melingkupi program: orang tua asuh, medis dan pendidikan.

Sudah banyak tempat yang sudah di kunjungi oleh komunitas ini seperti Idlib yang bertempat di perbatasan suriah, Palu, Lombok, dan beberapa tempat lainnya.

IMG-20180430-WA0023.jpg

Solidarity cyber action sendiri tidak datang di wilayah konflik dan bencana alam saja tapi SCA sendiri mengadakan kegiatan rutin setiap bulan untuk mendatangi yayasan yatin piatu.

Karena Solidarity Cyber Action sendiri memiliki moto yang sangat bagus untuk komunitasnya yaitu Save Children For Freedom ( Selamatkan anak anak untuk  kebebasan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.