Komunitas Virtual – HAGO

Menyukai sesuatu adalah hal yang wajar, beberapa dari mereka memiliki hal yang sama untuk disukai, dengan begitu terbentuklah sebuah komunitas di mana di dalamnya terdapat kumpulan orang-orang yang menyukai suatu hal yang sama.

Di zaman yang sudah modern ini, tak perlu membentuk sebuah komunitas dalam kehidupan nyata saja, mereka yang menyukai suatu hal yang sama dapat membentuk sebuah komunitas dengan mudah melalui dunia maya, hal tersebut lah yang dikatakan sebagai komunitas virtual.

Salah satu komunitas virtual yang saya ambil sebagai contoh adalah “Komunitas Hago” yang terdapat pada aplikasi Line Square didirikan oleh seorang mahasiswa bernama Ahmad Syadsili (Makassar).

WhatsApp Image 2018-12-20 at 18.03.17

Kali ini saya mewawancarai salah satu anggotanya bernama Khairun Nisa yang kerap dipanggil Ica, beliau mengatakan bahwa awal mula terbentuknya grup chat ini adalah hanya sebuah “keisengan” semata, di mana ia dan teman-temannya yang juga menyukai permainan yang baru dirilis belum lama ini membentuk sebuah komunitas virtual berupa grup chat agar bisa membicarakan seputar games Hago.

Awalnya, hanya beberapa orang yang bergabung dalam komunitas tersebut, namun seiring berjalannya waktu, jumlah orang yang bergabung semakin bertambah, bahkan dari berbagai daerah di Indonesia, hingga saat ini sudah ada tepatnya 169 orang yang tergabung dalam komunitas tersebut dan tentu masih dapat bertambah lagi.

Tujuan awalnya dibentuk komunitas ini adalah agar mereka pecinta games hago dapat bermain bersama dengan para anggota yang ada pada komunitas tersebut, selain itu tentunya dapat menambah teman di dunia maya. Jika ditanya, “Apakah para anggota sudah pernah saling bertemu di dunia nyata?” Belum adalah jawabannya, karena dari awal dibentuknya komunitas ini memang hanya untuk di dunia maya saja, namun jika para anggota yang lain setuju untuk diadakan pertemuan maka kemungkinan juga akan terjadi.

Terbukti bahwa dunia maya tidak selalu berarah ke negatif, banyak manfaat yang dapat digunakan, hal tersebut balik lagi ke masing-masing orang yang menggunakannya, salah satu manfaat dunia maya yang ada adalah agar dapat menambah teman dan yang lebih asyiknya lagi jika kita bisa berkenalan dengan orang yang mempunyai kesukaan yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.