KOMUNITAS VIRTUAL “LAPAK PUSTAKA”

PHOTO-2018-12-20-07-22-02

Lapak pustaka adalah komunitas virtual yang baru bergerak dalam bidang literasi berdiri 18 maret 2018 beranggotakan 20 ini mencangkup kegiatan regular yang di setiap minggunya membuka wadah membaca untuk semua kalangan dengan membuka lapak di tempat umum seperti taman, acara – acara pentas seni dll.

PHOTO-2018-12-20-07-22-00

Lapak pustaka sendiri memiliki program yang rutin dilakukan disetiap tahunnya seperti UTS (menyapa pendidikan pelosok, malam apresiasi), perpus gunung (UAS, donasi panti). Berawal dari rasa ingin mengembangkan minat sastra dalam hal ini membaca dan berbagi, komunitas ini tergabung dari pegiat sastra yang peduli dan turut prihatin dengan turunnya minat baca dikalangan masyarakat dari kalangan anak kecil sampai orang dewasa tujuan Teguh, Rey, Imam, Yusuf, Gusti dan Adit sebagai awal pegiat sastra ini bertujuan untuk memasyarakatkan kebiasaan membaca buku yang kaku menjadi hal yang menyenangkan dan mengajak semua kalangan bergabung dalam komunitas ini mau dari kalangan terdekat yang saling mengenal ataupun dari kalangan luar yag tidak saling mengenal. Walaupun semua yang tergabung dalam komunitas ini tidak saling mengenal hampir semuanya, tapi kegiatan komunitas ini sangat positif dan banyak program – program yang dijalankan. Seperti kegiatan menyapa pendidikan pelosok, ini adalah kegiatan edukasi seni yang mengajak khususnya anak – anak untuk lebih mengenal seni dan budaya. Kegiatan malam apresiasi juga merupakan wadah kegiatan untuk teman – teman yang ingin berpartisipasi dalam karya seni seperti pembacaan puisi, teater, music (tradisional dan modern). Perpus gunung sama seperti kegiatan perminggu yang di lakukan komunitas ini saat membuka lapak, hanya saja perpus gunung ini dilakukan ditempat yang berbeda yaitu di gunung di khususkan memang untuk kalangan remaja agar meningkatkan minat baca dan mempermudah kalangan yang ingin membaca tanpa menambah beban bawaan. Donasi panti juga rangkaian kegiatan yang dilakukan tiga bulan sekali di komunitas ini.

Sejauh ini, komunitas Lapak Pustaka inipun juga aktif di media social seperti Instagram untuk melebarkan sayap komunitas ini dalam kegiatan yang dilakukan dan menambah relasi di setiap anggotanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.