Luangkan Waktu Untuk Olahraga Ringan

Pandji Wira Wicaksono, kerap disapa Tenggo.

vlcsnap-2018-12-20-14h14m39s55

Kebetulan, mas Tenggo ini merupakan salah satu pemuda yang memiliki kegemaran bernyanyi. Sebelum mas Tenggo melakukan aktivitas rutin olahraganya, dahulu mas Tenggo sendiri sempat memiliki berat badan yang cukup besar mencapai angka 100kg.

Pada saat saya tanyakan alasannya di wawancara waktu itu, mas Tenggo mengaku berat badannya mencapai angka 100kg. Sejak menginjak remaja, mas Tenggo mulai berpikir bahwa jika berat badannya terus menerus meningkat, maka pahitnya adalah mati muda. Waktu saya masih sekolah menengah pertama, saya melihat mas Tenggo memang sangat gemuk. Maka dari itu, mas Tenggo memilih mengubah gaya hidupnya sejak awal 2016 menjadi lebih produktif dengan kegiatan-kegiatan yang seimbang.
Mengubah kebiasaan aktivitas sehari-hari bukanlah hal yang mudah, perlu tekad dan juga niat yang benar-benar dibangun dengan kokoh sejak awal. Mas Tenggo sendiri juga mengatakan bahwa pada saat ia melakukan kegiatan barunya,seperti workout, jogging, dan olahraga ringan lainnya juga memiliki kendala.

vlcsnap-2018-12-19-21h28m02s242.pngSalah satunya adalah malas-malasan. Tetapi, mas Tenggo mengetahui cara bagaimana mengatasi kemalasan itu agar tidak terjadi dalam jangka waktu panjang dan akhirnya menghentikan kegiatan baru yang sedang kita jalani. “Ya cara untuk mengatasinya cukup dengan kita sadar kita paham bahwa sampai ke titik ini tuh berat banget.”

Berkat pemahamannya bahwa tidak mudah mengubah suatu kebiasaan yang membuahkan hasil positif, mas Tenggo yang tadinya berat badannya mencapai angka 100kg, saat ini ia berhasil menurunkan berat badannya menjadi kurang lebih 70kg.

Pola yang ia terapkan dari bangun pagi adalah meminum air putih minimal 2 gelas, dan makan pada saat pagi hari usahakan hindari yang mengandung karbohidrat karena bisa membuat mengantuk. Lalu usahakan dari pagi ke siang, tidak mengonsumsi apapun hingga pada jam makan siang ia memakan makanan bebas tetapi tetap menjaga porsi dan sebisa mungkin menghindari makanan berlemak atau makanan asin. Kemudian dari siang-malam, usahakan tidak mengonsumsi apapun.

Sakit itu Mahal, kalau kita bisa mencegahnya lebih dulu, kenapa engga? -Tenggo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.