Mata Ponsel, Komunitas Fotografi Berbasis Ponsel

Processed with VSCO with  preset

Jika fotografer biasanya identik dengan kamera professional, berbeda hal nya dengan komunitas ini. Mata ponsel merupakan mobile photography community yang didirikan pada 3 Juni 2014 dengan pengelompokkan anggotanya berdasarkan roomstyle seperti Landscape, Colorsplash,Macro dan lainnya serta pengelompokkan berdasarkan domisili. Jumlah anggotanya dari komunitas ini bisa dikatakan cukup banyak dan tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Batam dan lainnya. Salah satu pencetus dari berdirinya komunitas ini adalah Hari Rimawan.

Karna memang awal terbentuknya komunitas ini dari instagram, maka ia terinspirasi yang lebih dekat dengan instagram yaitu foto dengan menggunakan kamera handphone maka dibentuklah komunitas ini. Tujuan dari dibentuknya komunitas ini adalah agar bisa bertemu dengan orang yang mungkin memiliki hobi yang sama terutama dalam dunia fotografi.

Hari mengatakan, foto dengan menggunakan handphone jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan kamera. Jika menggunakan kamera, kita harus memindahkan datanya dulu dan persiapan lainnya. Sedangkan dengan menggunakan handphone, akan lebih mempermudah karna saat ini sudah banyak aplikasi yang mendukung agar foto bisa terlihat lebih bagus. Dalam berkomunikasi dengan anggotanya, biasanya mereka sering berkomunikasi di aplikasi line. Hari juga mengatakan, mereka pernah beberapa kali mengadakan Gathering dengan mengundang anggota komunitas yang berdomisili di beberapa daerah untuk berkumpul bersama. Untuk kalian yang tertarik dan ingin menjadi anggota komunitas ini, tidak ada kriteria khusus yang harus dipenuhi. Yang terpenting adalah orang tersebut memiliki smartphone dan juga akun instagram karna sekali lagi komunitas ini memang lebih mengarahkan hasil foto mereka di Instagram. Mata ponsel juga biasanya sering mengadakan kumpul bareng dan hunting dengan anggotanya sebulan sekali atau kalau lagi aktif-aktifnya seminggu sekali.

Di empat tahun perjalanannya, komunitas ini sudah beberapa kali menjadi pembicara di event dan mendapatkan “Best Engagement Community” yang diselenggarakan oleh Loops Station Jakarta.

Di akhir pembicaraan, Hari juga memberikan tips bagaimana cara mengambil foto yang bagus namun dengan menggunakan handphone (smartphone)….

“Yang pasti sih hindari zoom pake digital ya, karna hampir semua ponsel kan dia fix kan lensanya ya… jadi kalau memang kurang deket, kita yang mendekat gitu aja.. uda gitu pelajari komposisi-komposisi foto”..

Jadi gimana? Tertarik untuk gabung di komunitas ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.