Pentingnya Memeriksa Gigi Setiap Enam Bulan Sekali

IMG_20181220_090519

Kebiasaan masyarakat Indonesia ialah datang ke dokter gigi hanya disaat ada keluhan gigi saja. Kalau anda mempunyai kebiasaan seperti ini, segera anda tinggalkan. Karena, pemeriksaan gigi selama enam bulan sekali amatlah penting meskipun disaat kita tidak merasa sakit gigi.

Menurut dokter gigi Lenny Marlina, pemeriksaan enam bulan sekali sangat dianjurkan untuk menghindari terjadinya kerusakan gigi yang sudah terlanjur parah. “Tujuannya dilakukan pemeriksaan gigi secara 6 bulan sekali itu tujuannya biar sebelum ada rasa sakit pada gigi tersebut bisa ditangani lebih dulu,” kata drg. Lenny Marlina ketika saya berkunjung ke Kliniknya di Jalan Sekneg Raya, Kota Tangerang.

Dokter gigi Lenny Marlina menjelaskan lagi kepada saya bahwa kalau kerusakan gigi itu masih di bagian terluar gigi, pasien tidak merasa sakit. Jika anda rajin ke dokter setiap enam bulan sekali, anda tidak akan merasa kesakitan pada jangka waktu kedepan karena dokter telah memberitahukan kepada pasien lebih awal kalau pasien tersebut mempunyai kerusakan pada bagian luar gigi. Hal ini membuat biaya lebih murah dan perawatannya pun lebih cepat.

“Apa keuntungan kita datang ke dokter gigi setiap enam bulan sekali?” tanya saya kepada wanita berumur 39 tahun itu.

“Kalau pasien tadi memeriksakan gigi 6 bulan sekali itu ketika kerusakan gigi dibagian terluar itu terjadi dokter bisa memberitahukan kepada pasien tentang kerusakan gigi tersebut,” jawab dokter gigi Lenny Marlina.

Menurutnya, yang biasanya terjadi pada bagian terluar gigi. “Biasanya kalau bagian terluar itu biasanya baru iritasi pulpa, bagian luar giginya yang rusak bagian enamel,” ucap dokter gigi Lenny Marlina.

Selain itu, drg. Lenny Marlina juga menjelaskan kepada saya bahwa kerusakan pada gigi juga dapat berpengaruh kepada tubuh kita. “Syaraf gigi itu berhubungan dengan syaraf-syaraf lain dibagian tubuh kita,” jelasnya.

Kalau gigi kita tidak pernah dirawat, kuman dan bakteri terus berkembang di dalam mulut kita dan bisa sampai bagian-bagian tubuh kita yang lain. Hal ini dapat menjadi fokal infeksi untuk bagian tubuh kita yang lain.

Mari kita jaga hidup sehat dari memeriksa gigi setiap enam bulan sekali. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.