Pentingnya Olahraga Sebelum Mendaki Gunung

 

 

MVI_8415.00_00_00_19.Still002.jpg

Aviv fajar adalah salah satu mahasiswa Universitas Budi Luhur yang gemar mendaki gunung. Hal tersebut bermula saat sedari kecil ia menyukai camping dan berlanjut sampai ke pendakian. Di sela-sela kesibukan nya sebagai mahasiswa fajar menyempatkan diri untuk berolahraga lari atau biasa di sebut jogging. Hal pertama yang harus di perhatikan adalah persiapan fisik dan mempersiapkan peralatan seperti tenda dan mencari tahu informasi tentang pendakian dan rincian biaya.

Sebelum naik gunung Fajar mempersiapkan diri untuk latihan fisik. Ia  mengeluarkan isi tas yang ia kenakan seperti  sepatu dan juga mengganti pakaian olahraga yang menyerap keringat. Pakaian yang di pakai cukup simple hanya kaos hitam, celana pendek dan juga sepatu olahraga . Fajar lebih memilih lari karena menurutnya lari itu simple dan mudah dilakukan. Sebelumnya saya bertanya kepada fajar mengenai, “ kenapa  memilih olahraga lain dibanding olahraga lain nya”. Dia pun menjawab, “Kalau olahraga lain seperti sepeda dan fitnes keduanya membutuhkan alat atau sewa .
Kalau lari memudahkannya dan  bisa dilakukan dimana saja.

Mendaki gunung termasuk olahraga berat jadi sebelum memulai kita harus membiasakan diri dengan jogging. Sebelum jogging hal yang harus dilakukan adalah pemanasan agar tubuh kita tidak kaget lagi saat melakukan gerakan fisik. “Dalam sekali jogging itu minimal 15 menit itu udah cukup kalo naik gunung itu 1 jam pertama itu pasti capek banget, engap banget”.Ujarnya.
Hal yang harus dilakukan sebelum jogging adalah melakukan pemanasan agar terhindar dari cidera kaki atau di bagian tubuh lain nya, itu sangat perlu kita perhatikan.

Pantangan makanan tidak ada hanya makanan yang memabukan tidak boleh di gunung. Kalau untuk makanan di bebaskan. Dampak yang ditimbulkan jika tidak berolaraga  saat mendaki gunung  yaitu mudah lelah, tidak bisa mengatur nafas bahkan bisa menimbulkan keram pada kaki karena otot-otot kaki kita belum terbiasa dengan olahraga.

Saat mendaki kita harus berjalan di medan menanjak di tambah lagi kita membawa beban berat di tas yang kita gunakan. Bahkan yang paling parah lagi  bisa mual dan akhirnya pingsan akibat kelelahan. Untuk itu olahraga sangat baik dilakukan saat pendakian ataupun tidak agar menyehatkan badan dan dapat membuat daya tahan tubuh kita meningkat. Itulah hal yang harus dilakukan sebelum mendaki.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.