Pola Makan Dalam Kristen Protestan

Pola Hidup sehat merupakan suatu usaha untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Penerapan cara hidup sehat memang sangat penting untuk dapat meningkatkan kesejaheraan hidup manusia. Hidup akan sangat baik jika manusia dapat tetap berkaitan dengan kesehatan. Pada dasarnya menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari adalah mencakup beberapa hal, yaitu makanan, minuman, nutrisi, dan juga olahraga yang diperlukan dalam keseharian hidup.

                Salah satu hal yang krusial saat ini yaitu berkaitan dengan makanan. Kenapa makanan? Karena saat ini banyak bermunculan Inovasi makanan yang cukup untuk menggeliatkan lidah. Akan tetapi, nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut belum berimbang untuk kebutuhan tubuh. Walaupun begitu, masyarakat tetap mengkonsumsi demi memuaskan lidah mereka.Makanan GHS

Di sisi lain, masih banyak juga masyarakat yang sadar akan pola hidup sehat yang bisa dimulai dari pola konsumsi makanan. Banyak yang suda mencoba untuk menjadi seorang vegetarian. Yaitu pola hidup yang hanya mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein nabati. Tak sampai situ, ternyata pola hidup sehat berkaitan dengan anjuran Agama. Salah Satunya ialah, Kristen Advent atau Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK).

Dalam Kristen Advent, terdapat suatu aturan yang mengatur tentang jenis makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi. Tepatnnya terdapat pada Pasal Imamat 11. Dalam Pasal tersebut, umatnya hanya dapat mengkonsumsi  binatang-binatang berkaki empat dengan syarat harus berkuku belah (yaitu binatang yang bersela kuku panjang) dan yang bermamah biak. Dan kedua syarat itu harus terpenuhi, jika hanya salah satu maka hukumnya haram untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk hewan yang hidup di air, syaratnya ialah harus bersirip dan bersisik, dan juga harus memenuhi keduanya.

Jessika Waworuntu, salah satu Umat Kristen Adent, membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa hewan yang boleh dikonsumsi seperti daging sapi, ayam, dan sejenisnya. Dan yang tidak boleh di konsumsi seperti babi, kelinci dan sebagainya. Dan untuk di air, yang boleh seperti ikan tuna, salmon, sedangkan hewan seperti belut, udang, dan lainnya tidak diperbolehkan.

Menurutnya, aturan seperti tidak menyulitkan dirinya untuk mencari atau membeli makanan, karena memang jenis makanan yang dianjurkan tersebut mudah untuk di dapati. Karena memang jenis makanan tersebut banyak tersedia di pasar tradisional maupun pasar modern.

Menurut Jessika, pola hidup seperti ini membuat dirinya merasa lebih sehat dan tidak mudah lelah ketika sedang beraktivitas, Selain itu ia juga mengklaim bahwa dengan pola makan seperti itu membuat ia jauh dari penyakit. Ia juga membandingkan dengan banyak orang-orang seusianya sudah terkena penyakit darah tinggi akan tetapi dirinya tidak.

Ia pun memberikan tips terkait pola makan, yaitu dengan mengatur pola makan terutama dengan jenis makanan daging-dagingan. Ia menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan secukupnya, tidak kurang dan juga berlebihan, jadi seadanya saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.