Respon Mahasiswa Terhadap Informasi Di Grup Line Fikom 2016

MAYA.jpg

Maya helmilia adalah salah satu mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi 2016 konsentrasi broadcast journalism. Maya bergabung di grup fikom semenjak tahun 2016 sudah lama sekali, semenjak maba atau awal perkuliahan ia sudah di undang di grup fikom. Waktu awal ordik sangat seru banyak sekali grup kelasan salah satunya grup fikom 2016 ini yang tergabung dari seluruh konsentrasi yang ada di Universitas budi luhur seperti broadcast journalism, design komunikasi visual, public relation dll.

 

 

Menurutnya grup fikom sangat mempermudah dirinya mendapatkan informasi mengenai ujian atau seminar di dalam kampus maupun di luar kampus. Di dalam grup itu anggotanya saling bertukar informasi mengenai adanya kelas KP (Kelas Pengganti) maupun saat kelas di liburkan. Tahun 2016 respon grup sangat ramai. Ini adalah salah satu grup yang mempermudah mahasiswa bertukar informasi dan ajang perkenalan satu sama lain. Sayangnya awal tahun 2018 ini respon di grup sangat sepi banyak sekali anggota yang hanya nge read pesan atau membaca isi pesan nya saja menurutnya  informasi lebih banyak di instagram dan mempermudah dirinya  untuk mengetahui informasi secara keseluruhan. Namun di grup fikom tidak semuanya di infokan melainkan hanya info yang menurut anggota itu penting lalu di share atau informasi di bagikan ke teman-teman lain nya.

Sama hal nya dengan Amatul Ghofur yang merupakan salah satu anggota grup fikom 2016 ia menceritakan tentang manfaat grup fikom, dengan adanya grup ini sangat membantu dirinya untuk mengetahui info kampus budi luhur atau tentang seminar,  talkshow dan workshop dari universitas lain dan adanya kelas pengganti atau adanya tugas pasti selalu di infokan lewat grup. Respon positif yang diberikan oleh anggota dan bermanfaat banget buat kita yang haus akan informasi.

Karna saya merasa penasaran dengan perkataan maya ataupun matul, saya langsung meminta matul untuk memberikan informasi atau share informasi mengenai hal yang bermanfaat yaitu info magang yang saat ini di cari oleh kalangan mahasiswa, terutama yang sudah menginjak semester 5 ataupun semester akhir yang ingin magang di tempat keren seperti NET. Menurut saya mungkin ada respon langsung atau pertanyaan mengenai seputar magang, biasanya mahasiswa yang butuh pasti bertanya terkait info tersebut dan respon grup sangat cepat pasti, pikir saya.

Matul pun mencoba nge share di grup fikom 2016 . “Saya sudah menginformasikan tentang magang di NET TV, namun respon dari grup itu belum ada dan yang membaca hanya sedikit mungkin karena waktunya belum pas dan belum terlalu lama, biasanya yang bales pasti ada jadi tunggu saja beberapa jam lagi”.Ujarnya.

Sangat di sayangkan, info yang bermanfaat saja hanya di read oleh mahasiswa. Perkiraan saya yang merespon banyak karna pada kepo dengan NET, tetapi sama saja. Mungkin peralihan instagram memang berpengaruh untuk grup yang ada di LINE. Dari segi penampilan, feed atau informasi secara luas lebih menang INSTAGRAM di banding LINE karna jauh lebih unik dan menarik proses penyampaian pesan nya.

Pendapat saya sama dengan Feni Melinda yang merupakan salah satu anggota grup FIKOM 2016 juga, menurutnya grup itu aktif banget waktu awal ordik kalo sekarang kurang aktif, pembahasan yang ada di grup fikom kebanyakan bercanda nya tidak serius namun sekarang para anggota kebanyakan membaca pesan saja tidak merespon, katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.