SEHAT GAK SIH MINUM KOPI DI PAGI HARI?

Di era modern ini gaya hidup sehat orang semakin beragam. Dari mulai menjadi vegetarian hingga cukup mengatur pola makan saja. Namun saat ini banyak orang tidak bisa lepas dari yang namanya kopi. Kalian pasti setuju dong? Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Mulai dari yang ngopi hanya untuk iseng hingga memang rutin mengonsumsinya tiap hari. Tapi bagaimana sih sebenarnya kopi dimata medis? Apa sehat minum kopi sebelum berkegiatan?

DSC_7382

Kopi saat ini sudah banyak jenisnya. Mulai dari kopi hitam, kopi susu, hingga kopi luwak. Banyak yang mengonsumsinya untuk menemani menghabiskan waktu dan juga ada yang mengonsumsi itu untuk menambah mood dan membuat kuat untuk begadang. Selain itu juga semakin banyak orang yang mengonsumsinya di pagi hari. Ada yang bilang mereka ngopi untuk menambah energi hingga ada yang merasa jika tidak minum kopi mereka akan meresakan pusing. Oleh sebab itu semakin banyak kedai-kedai kopi yang bertebaran di kota-kota besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Nah, kali ini saya berkesempatan untuk mewawancarai ahli gizi seputar kopi. Kopi itu mempunyai efek diuretic dan stimulans. Jadi banyak yang mengonsumsi kafein akan merasa segar dan bisa begadang namun dibalik itu jika terlau banyak kopi akan menyebabkan peningkatan buang air kecil yang berakibat dehidrasi. Selain itu juga tekanan darah dan detak jantung akan meningkat.

Menurut medis yang disampaikan Firdha Syavira seorang ahli gizi di Puskesmas daerah Jakarta Barat. Disamping mengandung kafein, kopi juga mengandung inhibitor (zat yang menggangu penyerapan zat besi). Jadi jika setelah mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi lalu ditambah dengan meminum kopi makan kandungan zat besinya akan ikut terbuang melalui urine.

Firdha menambahkan, kita semua harus bijak dalam mengonsumsi kopi, batasi sehari cukup dua gelas saja atau malah jika bisa hindari sama sekali kopi karena kopi tidak ada kandungan zat gizinya. Jadi tidak masalah jika kita mengonsumsi kopi setiap pagi asalkan tidak berlebihan. Selain itu juga kita harus waspada jika memang sudah mengalami peningkatan detak jantung dan lainnya maka berhentilah mengonsumsi kopi sementara.

DSC_7415

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.