Sosialisasi Melawan Penyakit Hipertensi

 

photo gayahidupTingkat kesehatan di beberapa desa di indonesia bisa terbilang cukup rendah, survey yang dilakukan oleh Senat fakultas kedokteran universitas yarsi menyatakan bahwa penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi masih banyak terjadi di desa-desa. Hal ini lah kenapa perlunya dilakukan pembekalan ilmu dan pengetahuan mendasar mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan.

Hal ini menggerakkan para mahasiswa kedokteran untuk melakukan sosialisasi kepada daerah-daerah yang memiliki angka penyakit hipertensi tinggi. Program sosialisasi ini dilakukan oleh senat fakultas kedokteran universitas yarsi, Jakarta yang merupakan salah satu program kerja Pengabdian masyarakat yang rutin dilakukan. Seperti program tahun ini yang melakukan sosialisasi ke daerah binaan di Desa Leuweung Kolot, kecamatan Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat.

Seperti yang dikatakan Muhammad Isnu, Ketua Program pengabdian masyarakat Senat universitas yarsi dimana ia dan teman-teman lain memiliki visi untuk menurunkan angka penyakit hipertensi yang ada di desa-desan indonesia dengan usahanya dalam melakukan pembinaan dan sosialisasi tersebut.

Beberapa hal yang dilakukan dalam sosialisasi dan pembinaan kesehatan tersebut yakni selain mereka memeriksa dan memberikan ilmu untuk menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar mereka yang rata-rata lingkungan di desa kurang baik. Dan juga dalam program ini, mengajarkan kepada warga desa itu sendiri untuk menjadi pemeriksa, Isnu mengatakan bahwa dalam desa tersebut pasti memiliki potensi atau orang-orang yang berkompeten untuk diberikan ilmu atau keahlian dalam memeriksa dan menjaga kualitas kesehatan di desa tersebut guna mengembangkan desa binaan tersebut. Selain itu mereka juga memiliki program yakni dokter cilik, dimana mereka bekerja sama dengan Sekolah Islam terpadu desa Leuweung Kolot, dimana para siswa diajarkan dan dibina hal-hal umum seperti penanganan utama seperti pingsan, luka, sakit dan  pembekalan ilmu-ilmu umum penanganan pertama lainnya. Dan juga program ini mengajak kepada warga desa binaan tersebut mengenai bagaimana menjalani hidup yang bersih guna mengurangi terserangnya penyakit Hipertensi dan penyakit-penyakit lainnya,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.