TIPS POLA MAKAN SEHAT BAGI PENDERITA KOLESTEROL

P_20181218_154753

Perkenalkan nama teman yang baru saya kenal dan ternyata satu tempat kuliah yang sama dengan saya yaitu El Barca Swa El Falatha yang biasa dipanggil Elba. Pertemuan pertama kali dilakukan pada hari Jumat, 7 Desember 2018 di pinggir lapangan Basket. Waktu itu Elba menceritakan awal mula kenapa bisa terkena kolesterol yaitu awalnya leher Elba terasa sakit akhirnya Elba memutuskan untuk ke dokter pada bulan September 2018 dan ternyata dia terkena kolesterol dan divonis oleh dokter sekitar 5 tahun lagi kalau Elba telat untuk konsultasi Elba akan terkena penyakit stroke yang diakibatkan karena Elba suka begadang dan makan mie instan beserta telur dimana kuning telur memiliki tingkat kolesterol yang tinggi serta sering meminum air dingin saat memakan makanan yang panas karena menyebabkan lemak-lemaknya akan beku di sekitar tenggorokan dan itu tidak bagus.

Setelah dinyatakan terkena kolesterol akhirnya Elba disarankan merubah pola makanannya lebih sehat dengan banyak memakan sayur dan rebus-rebusan seperti singkong. Secara perlahan Elba memulai merubah pola makannya dan apabila Elba memakan makanan yang memiliki kolesterol Elba harus meminum obat khusus kolesterol. “Semenjak saya terkena kolesterol, akhirnya saya disarankan pola makannya berubah. Pertama pelan-pelan sih, disuruh makan-makanan sehat lah banyakin sayur terus rebus-rebusan kayak singkong gitu singkong rebus. Ya rebus-rebusan paling banyak sih sayur disaraninnya” kata Elba.

PicsArt_12-20-12.41.24

Berdasarkan pendapat dari salah satu teman saya yang berkuliah di salah satu Universitas Negeri di daerah Jakarta yang mengambil jurusan Gizi yaitu bernama Ishfahani Maila atau biasa dipanggil Hani bahwa kolesterol dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya diantaranya seperti Atherosclerosis, Jantung, Stroke, dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

PicsArt_12-20-01.49.04.png

Menurut Hani tips-tips yang tepat nih untuk mengurangi kolesterol yaitu dengan banyak memakan sayur, buah-buahan, dan memperbanyak aktivitas fisik. “kalau misalnya tips-tipsnya itu untuk supaya kadar kolesterol dalam darah tetap stabil ataupun normal kita cukup untuk memperbanyak konsumsi sayur buah dan juga meningkatkan aktivitas fisik” kata Hani.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.