TIPS SEHAT SAAT HAID

Tak perlu menunggu orang lain untuk peduli dengan kita, awali hal tersebut dengan hal mudah semudah membiasakan diri melakukan pola hidup sehat dimana dan kapanpun kita berada. Berbicara pola hidup sehat memang sudah seharusnya dilakukan sedini mungkin, sehingga hal tersebut dapat dilakukan secara terbiasa hingga seseorang tumbuh dewasa.

Sebenarnya siapa sih yang sulit untuk melakukan pola hidup sehat? Lelaki kah? Wanita? Anak-anak? Atau bahkan orang tua? Jawabannya mudah, ya, semua itu tergantung dari diri sendiri, jika kita sayang terhadap diri sendiri, tentu untuk melakukan pola hidup sehat adalah suatu hal yang mudah diterapkan.

Kali ini saya ingin memberikan sedikit tips sehat untuk kalian para wanita yang saat ini sedang dalam masa menstruasi. Saya mengambil dua sumber untuk menjadi acuan agar tulisan ini dapat lebih akurat. Apa saja sih tipsnya?

Menurut narasumber pertama yaitu Monica Ayu adalah seorang mahasiswa sekaligus karyawan yang telah lama menerapkan pola hidup sehat, ia memberikan beberapa tips agar kalian para wanita yang sedang dalam masa menstruasi tetap dapat melakukan pola hidup sehat.

Pertama, perbanyak minum air putih, sebenarnya tak hanya saat menstruasi saja, dalam menjalani kehidupan sehari-hari seseorang memang harus perbanyak minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan dan tidak mudah lelah saat beraktivitas.

gambar buah

Tips yang kedua, konsumsi buah-buahan terutama buah yang dapat menambah darah seperti buah naga dan mangga, karena selain membuat tubuh lebih terasa segar dan sehat, hal tersebut juga dapat menambah darah pada tubuh kita yang pada masa menstruasi mengeluarkan banyak darah.

gambar stretching

Dan tips terakhir dari Monica adalah jangan lupa untuk tetap berolahraga, tidak perlu yang berat-berat, cukup jalan kaki, jogging, atau peregangan tubuh saja, hal tersebut dapat dilakukan setiap hari dengan jangka waktu cukup 10-15 menit.

Kemudian, tak hanya dari Monica, saya juga mengambil sumber dari seorang promosi kesehatan tepatnya di Puskesmas Cipadu bernama Almayda Anastasia, beliau menyebutkan bahwa bagi wanita yang dalam masa menstruasi sebenarnya tak ada makanan khusus yang harus dikonsumsi, tetapi paling tidak mereka harus tetap melakukan aktivitas agar peredaran darah tetap lancar.

gambar suplemen

Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa bagi wanita yang dalam masa menstruasi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah, kenapa? Karena mereka telah kehilangan banyak darah sehingga harus diberi asupan dengan vitamin tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.