Backpacker Teaching

15337093_1084444605017431_3446907066893991936_n

Backpacker Teaching adalah suatu komunitas yang terbentuk atas dasar bentuk pengabdian kepada masyarakat dan juga untuk membantu memajukan sistem pendidikan yang ada di Indonesia khususnya di daerah yang sangat terpencil. Backpacker teaching ini adalah komunitas virtual yang sekarang ada di seluruh indonesia yang bertitik dari sabang hingga marauke. Komunitas ini mempunyai visi yaitu Menciptakan pendidik yang memiliki kemampuan khusus, jiwa sosial yang tinggi, serta mewujudkan pendidikan yang merata untuk seluruh warga Indonesia. Bicara soal visi tentunya sangat bersandingan dengan misi, yang pertama yaitu meningkatkan kompetensi calon pendidik, yang kedua mengasah kemampuan calon pendidik dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki, yang ketiga menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan sekitar, dan yang ke empat menumbuhkan sikap peduli terhadap permasalahan pendidikan.

Komunitas Backpacker teaching yang pusatnya berada di daerah Tangerang ini memang disetiap minggunya kerap mengadakan kegiatan bermain sambil belajar, membuat kerajinan tangan, dan melakukan kegiatan belajar mengajar secara fun kepada anak-anak kecil maupun anak sekolah dasar secara gratis. Kegiatan mereka juga tak kalah menarik mulai dari Mengajar, membuat RPP, silabus/modul pembelajaran, dan Teras Diskusi.

15306756_1173600686051276_6131656433172742144_n

Nah karena komunitas ini berpusat di kota Tangerang, untuk bisa berkomunikasi dengan anggota-anggotanya yang berada diluar kota. Mereka menggunakan media sosial yaitu Whatsapp, mereka membuat group chat dari masing daerah dengan 2 koordinator group tersebut untuk bisa saling berdiskusi tentang proker mereka. Untuk kegiatan rapat hanya dilakukan di pusat Backpacker teaching yaitu di Tangerang. Mereka memiliki 2 jenis proker, yang pertama proker yang ringan seperti mengajar atau menjadi relawan guru di sekolah-sekolah yang butuh uluran tangan dan yang kedua adalah proker besar yang berfokus kepada tri darma perguruan tinggi yaitu membuat kegiatan ke daerah yang benar-benar minim pendidikan serta masyarakatnya yang butuh bantuan uluran tangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.