Tips Hidup Sehat Ibu Rumah Tangga

Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, begitu pepatah mengatakan. Kesehatan adalah langkah awal dalam investasi masa depan. Kita harus menjaga tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit.

Menjadi ibu rumah tangga adalah kewajiban setiap ibu, mulai dari bangun pagi, menyiapkan sarapan, beres-beres rumah, masak, belanja, dan lain sebagainya. Terkadang sering sibuknya mereka lupa akan kesehatan diri sendiri. Sampai ada yang telat makan bahkan lupa makan, istirahat tidak cukup, hal itulah yang dapat memicu timbulnya penyakit.

IMG_20181221_003523

Ibu Mainah adalah seorang ibu rumah tangga yang bisa dibilang sibuk, biasanya saat waktu pagi “biasanya waktu paling sibuk itu pagi hari, harus bangun pagi, siapin anak sekolah, bikin sarapan buat anak dan suami, setelah itu pergi beli sayur, pulang bersih-bersih, nyapu, ngepel, nyuci baju, piring, setelah itu masak buat makan siang untuk suami dan anak”. Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dalam menjalankan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, Ibu Mainah biasanya selama dua hari sekali treadmill dan jalan kaki disekitar rumah. Bukan hanya itu saja, Ibu Mainah juga selalu menyediakan makanan 4 sehat 5 sempurna diatas meja makan, untuk keluarga tercinta.

Menurut Bidan Yusmidar, aktifitas ibu rumah tangga yang padat disertai kurangnya keseimbangan istirahat dan olahraga serta pola makan yang tidak baik, akan memicu banyak penyakit yang berbahaya, “ibu-ibu biasanya datang yang dikeluhkan itu sakit di ulu hati, pegal-pegal, dan sakit perut. Tapi kadang mereka itu menganggap sakit biasa, mereka kurang memperhatikan kesehatan mereka sendiri, padahal jika dibiarkan dapat memicu penyakit lain, bahkan asam urat sekalipun.

Untuk menjaga kesehatan tubuh harus mengatur pola makan, artinya pola makan harus baik. Sediakan waktu untuk berolah raga, karena olah raga itu sangat perlu, untuk mejaga stamina tubuh agar tetap segar. Lalu waktu tidur yang cukup, agar saat melakukan kegiatan tidak lesu dan ngantuk.

Kesehatan sangatlah penting, jika bukan kita sendiri yang menjaga tubuh kita, siapa lagi!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.