Eksistensi Tersembunyi Pasar Tradisional

pasar 1.jpg

Dibalik pesatnya perkembangan zaman, khususnya di dunia perdagangan mengakibatkan munculnya berbagai pasar modern yang menawarkan berbagai macam keunggulan seperti kenyamanan, produk yang berkualitas serta kemudahan dalam berbelanja. Hal ini mengakibatkan sebagian masyarakat kelas menengah keatas sedikit demi sedikit mulai meninggalkan pasar tradisional sebagai tempat berbelanja dan memilih pasar modern sebagai tempat tujuan berbelanja.

Selain itu, dengan adanya pasar modern seperti supermarket dan mall mulai mengubah pola pikir masyarakat, dimana yang dulunya pasar merupakan tempat untuk berbelanja sekarang untuk menjadi ajang bergengsi.

Terlepas dari kenyamanan, produk yang berkualitas, serta kemudahan yang diberikan oleh pasar modern, ternyata pasar tradisional memiliki eksitensi tersendiri baik dari segi harga maupun kualitas barang yang dijual.

Devi, salah satu pembeli di pasar tradisional yang masih setia sampai sekarang. Menurutnya banyak sekali keuntungan yang didapat ketika Ia membeli di pasar tradisional dibandingkan membeli di pasar modern. Keunggulan tersebut antara lain :

poto 2.jpg

  1. Harganya Lebih Murah

Seperti yang kita tahu ketika kita berbelanja di pasar tradisional tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat kita berbelanja di pasar tradisional, harga yang murah selalu kita dapatkan. Hal ini terjadi karena antara pembeli dan penjual terjadi proses tawar menawar. Selain itu, pengambilan barang yang langsung dari distributor oleh pedagang merupakan salah satu faktor untuk memperoleh harga yang murah.

pt 1.jpg

  1. Bahan dan Sayur Lebih Lengkap dan Segar

Seperti yang kita tahu bahan serta sayur-sayuran yang dijual di pasar tradisional selalu segar dan memiliki kualitas yang bermutu dari waktu-kewaktu. Hal ini terjadi karena bahan dan sayur-sayuran selalu berganti setiap harinya. Sayur-sayuran tersebut selalu diambil dari petani maupun pengepul setiap harinya dan langsung dijual oleh pedagang tanpa adanya simpan-menyimpan sayur, sehingga pembeli dapat merasa puas karena mendapat sayur yang segar dan berkualitas.

pt 2.jpg

  1. Pedagang Di Pasar Lebih Ramah

Seperti yang kita tahu proses komunikasi yang terjadi di pasar tradisional yaitu bersifat face to face atau seraca langsung. Sehingga pembeli dapat menanyakan apa saja tentang produk yang dijual. Seperti motto para pedagang bahwa pembeli itu adalah raja. Sebaliknya di pasar modern, komunikasi yang terjadi yaitu komunikasi non-verbal, dimana pembeli harus mematuhi harga label barang yang sudah dipatok di pasar modern tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.