@lawonhandmade Lestarikan Tenun Indonesia

Anda sedang mencari baju-baju yang unik untuk kondangan atau dipakai saat sedang berlibur?

Belum lama saya mencari baju-baru tersebut untuk kebutuhan saya pribadi menghadiri sebuah acara, saya search dan tertujulah saya kepada satu online shop yang mampu mencuri perhatian saya untuk menstalknya. Sebuah akun Instagram @lawonhandmade menjual beberapa variasi atau barang-barang yang terbuat dari kain Tenun.

@lawonhandmade yang mempunyai slogan atau tujuannya yaitu “Melestarikan Tenun Indonesia”. Sangat menarik bukan? Saya pun mencoba mengkontak admin yang tertera di Instagram toko online tersebut. Saya bertanya kepada admin siapakah pemilik toko online shop yang terbilang cukup menarik ini, ternyata pemilik toko online shop ini adalah seorang pria muda berkelahiran tahun 2000. Saya kaget bukan main dan semakin penasaran dengan toko online ini.

Mengapa memberikan slogan “Melestarikan Tenun Indonesia”? tanya saya.

“Slogan yang kami buat tersebut karena dari keprihatinan kami dengan kurangnya minat beli terhadap anak muda di negri inilah, akhirnya saya berkeinginan melestarikan Tenun Ikat Nusantara.” jawab Bima

Bima Subhan adalah pemilik toko online @lawonhandmade yang bisa dibilang bisnis man sangat belia yang sudah cukup sukses. “Ini beneran punya Bima sendiri? Punya modal darimana untuk mendirikan online shop ini?” tanya saya.

Jadi ternyata online shop ini dulunya adalah milik tante Bima yang sedari dulu Bima pun sudah ikut campur tangan sampai sukes pada waktu itu.

Banyak inovasi yang diberikan saat Bima sudah memegang toko online terebut dengan memberikan model-model barang baru yang banyak diminati generasi muda seperti Outer, Poncho, Capes, Celana, Gelang, Sandal, Ikat kepala, Botol tumbler, Tas, dan Syal/selendang. Ia membuat produk tersebut dari beberapa kain Tenun yang berasal dari beberapa daerah.

Bimapun aktif mengikutkan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan online shop. Pada akhirnya @lawondandmade pernah meraih penghargaan atas 100 peserta online shop terbaik, yang diberikan pada blibli.com.

IMG_6570

Selain sering mengikut sertakan dalam beberapa kegiatan yang berhubungan dengan online shop, bima pun mempunyai kegiatan lain yang biasa dilakukannya setiap hari, “Tempat ini bukan store offline kita melainkan tempat produksi jadi dari konfeksi ke tempat ini untuk mempacking barang yang sudah dibeli oleh para customer untuk segera dikirim ke ekspedisi”. Cetus Bima.

Hal terpenting yang ingin bima lakukan selain berjualan adalah “untuk mengenalkan Tenun, supaya anak-anak muda indonesia juga mengenal dengan budaya-budayanya sendiri, tidak mengenal dengan budaya-budaya barat”. Jawabnya.

Sangat menginspasi bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.