Pedagang Cilik #PasarTradisional

Pasar tradisional memiliki banyak peminat, hal ini mungkin karena beberapa faktor pendukung, yaitu mulai dari harganya yang murah, adanya negosiasi, tempatnya yang strategis, dan bisa memilih sendiri barang yang akan kita beli menjadi daya tarik yang melekat dikebanyakan orang ketimbang pasar modern.

IMG_4348

Berbicara soal pasar tradisional maka yang ada dipikiran kita adalah dua orang dewasa yang melakukan transaksi jual beli dan tawar menawar. Namun kali ini berbeda, ada seorang anak perempuan yang masih berumur 12 tahun dan masih duduk dibangku kelas enam Sekolah Dasar yang memilih menjadi pedagang untuk membantu ibunya berjualan sayur di pasar tradisional daripada bermain diluar bersama teman sebayanya, menurutnya dengan membantu ibunya berjualan di pasar itu lebih bermanfaat daripada diam di rumah atau hanya bermain-main sepulang sekolah.

Sekarang ini, anak-anak biasanya lebih mementingkan gadgetnya dari pada lingkungan sekitarnya. Namun ternyata masih ada beberapa anak di jaman sekarang yang bisa berpikiran dewasa dan mengerti keadaan orang tuanya, kemudian ia mencoba untuk membantu meringankan tugas orang tuanya.

“Iya aku suka jualan, males kalo dirumah, bete hehe, gitu-gitu doang” Kata Lisa.

Lisa biasanya bergantian berjualan di pasar dengan ibunya atau kakak perempuannya, soal cekatannya ia  dalam melayani pembeli tidak usah diragukan lagi, bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit, semuanya dia lakukan sendiri jika waktunya ia menjaga dagangan. Lisa datang setelah pulang sekolah yaitu sekitar jam satu siang, dari rumahnya di daerah Cidodol Tangerang biasanya ia menggunakan transportasi angkot untuk sampai di pasar.

Walaupun sekarang ini Lisa mengaku suka menghabiskan waktunya di pasar, tapi sebenarnya ia juga memiliki cita-cita dimasa depannya nanti “Punya cita-cita ngga mau jadi tukang sayur, pokoknya punya cita-cita, insyaallah sih kalo bisa jadi dokter hehe” jelas gadis remaja tersebut.

Sri ibunda Lisa juga memiliki harapan untuk kedua putrinya tersebut “Pengennya anak masa tuanya biar mikir oh tau cari duit tuh susah, jangan taunya enak aja”.

Masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membanggakan orangtua, selagi kita sempat dan bisa untuk melakukannya, kenapa tidak? #belajarcerita #pasartradisional

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.