Berburu Kain di Pasar Mayestik

IMG_20181102_165645

Saat ini, jumlah pasar tradisional di Jakarta semakin bertambah salah satunya pasar yang menjual kain. Pasar Mayestik mungkin sudah tidak asing lagi di warga Jakarta, khususnya yang sering membeli kain atau menjahit. Pasar Mayestik sebagai sentra penjualan kain sudah berdiri sejak tahun 1950, awalnya toko yang buka bisa dihitung menggunakan jari hingga kini semakin banyak toko yang buka di pasar yang berlokasi di Jalan Tebah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pasar ini sering dikatakan ‘Surga Kain’ karna super lengkap dengan beraneka macam variasi dilengkapi dengan aksesorisnya. Dari harga yang paling murah sampai kain import ada di Pasar ini.

Saat memasuki pasar ini kalian akan melihat warna-warni kain di kiri atau pun kanan kalian. Salah satu yang bekerja di toko Nuri (toko yang menjual kain) adalah Suratman. Ia sudah bekerja selama 25 tahun. Suratman mengatakan pembeli yang sering datang ke tokonya yang berasal dari Malaysia. Mereka memang sudah langganan dan sering membeli kain katun. Variasi harga di Mayestik mulai dari 15 ribu sampai 750 ribu per meternya. Selain itu bertemu penjual kain di Mayestik kalian akan mendengar mesin jahit yang bersahutan dan sambutan hangat dari para penjahit disini, Basri salah satunya. Ia sudah bekerja sebagai penjahit di pasar ini selama 10 tahun. Basri sering menerima jahitan seperti baju kantor, jas ,dan juga baju sekolah namun memang yang paling banyak adalah seragam.

Untuk meningkatkan tampilan fisik pasar tradisional di Jakarta yang selama ini dikenal kumuh, kotor, tidak tertib dan kurang nyaman, pada tahun 2012 pasar ini mengalami pembangunan atau peremajaan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu Fauzi Bowo. Terbukti setelah dilakukan peremajaan  atau pembangunan, kenyamanan pengunjung saat berbelanja disini sangat terjamin.

Dari dulu hingga saat ini Pasar Mayestik masih eksis dengan penjualan kainnya, tak heran pasar ini juga sering dijadikan alternatif utama dalam mencari kain di Ibukota.

IMG_20181102_165836

Eitss, pembelinya bukan hanya dari warga Jakarta tapi juga mancanegara.

Jadi gimana ? uda ga bingung kan kalo mau kain atau jahit baju yang lengkap dimana? Yuk ke mayestik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.