Cara Pedagang Kosmetik Online Bertahan ditengah Persaingan

DSC928321

Akses internet saat ini semakin mudah dan berkembang. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia cukup tinggi. Memang, kehadiran dan perkembangan teknologi saat ini dapat mengubah perilaku masyarakat bahkan dapat menimbulkan budaya baru. Sehingga saat ini semakin berkembang website jual beli online, dimana kalau dulu kita harus pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu namun saat ini pembeli tidak perlu datang ke toko offline yang dimiliki penjual namun cukup meuliskan alamat rumah kita dan mentransfer uangnya.

Saya berkesempatan untuk bertemu dengan salah satu pemilik toko online, yakni Faradillah Puspita Anggraini. Wanita yang kerap dipanggil Anggi ini berjualan berbagai produk kosmetik untuk perawatan kulit di akun instragamnya @msglow_tangerang. Selain berjualan di instragam, Faradillah Puspita Anggraini juga berjualan di salah satu marketplace atau website jual beli online yakni Shopee, dan sosial media Facebook.

Banyak toko online yang dagangannya sama dengan @msglow_tangerang milik Faradillah Puspita Anggraini ini. Anggraini mempunyai cara tersendiri agar para pembeli lebih memilih di tokonya dibanding toko online lain. Salah satu caranya yaitu dengan memberi bonus kepada pembeli.

“Teknik marketing kita sih, misal beli paket wajah free apa gitu. Free nya itu beda-beda tiap bulannya, kayak pernah kapas, terus free dompet,” kata Anggraini saat saya berkunjung ke rumahnya di Kunciran, Kota Tangerang.

Saat ini banyak toko offline yang membuka toko online, bahkan beralih ke toko online dan menutup toko offlinenya. Anggraini menjelaskan kepada saya kalau ia hanya ingin membuka toko online saja dan tidak ingin membuka toko offline. “Banyak persyaratan yang harus diajukan kalau buka toko offline, contohnya kayak izin terus nyari lokasi juga, terus mikir beban operasional juga,” tuturnya.

Anggraini mengaku dirinya optimis untuk terus menjadi pedagang online, karena menurutnya bisnis memang pasti banyak saingannya. Walaupun hanya di rumah saja, dirinya mampu mendapatkan keuntungan mencapai 10 juta per bulannya. Bagaimanapun, kita harus kreatif dalam berusaha apapun untuk mendapatkan yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.